Sukses

Demi Lovato Mengaku Bukan Pria atau Wanita, Tapi Non-Biner

Warganet ramai-ramai menyampaikan tanggapan Demi Lovato yang menyatakan diri sebagai non-biner.

Liputan6.com, Jakarta - Demi Lovato baru-baru ini kembali menghebohkan publik lantaran pernyataannya yang tak terduga di media sosial. Kepada masyarakat dunia, Demi mengaku dirinya bukanlah pria atau wanita, namun seorang non-biner.

Pernyataan yang diungkapkan melalui Twitter tersebut langsung membuat warganet ramai-ramai menyampaikan tanggapannya. Ada yang mengkritik, namun tak sedikit yang mengaku bingung dengan pernyataan Demi Lovato.

"Hari ini adalah hari yang membuatku sangat gembira untuk berbagi lebih banyak tentang kehidupanku kepada kalian semua," tulis Demi Lovato mengawali kicauannya di Twitter.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Panggilan Jamak

Demi Lovato pun lantas mengungkapkan kebanggaannya bisa menyatakan diri sebagai non-biner. Bahkan, ia meminta publik agar dipanggil secara jamak (they), yaitu 'mereka'. Bukan lagi dipanggil dengan sebutan 'dia' (he/she).

3 dari 6 halaman

Ingin Dipanggil dengan Sebutan 'Mereka'

"Aku dengan bangga mengatakan kepada kalian bahwa aku mengidentifikasi diriku sebagai non-biner dan selanjutnya akan secara resmi mengubah panggilan menjadi mereka (they/them)," lanjutnya.

4 dari 6 halaman

Alasan Mengumumkan

Demi pun mengunggah sebuah video dirinya mengumumkan hal ini sekaligus menjelaskan alasan menyatakan diri sebagai non-biner.

"Aku merasa ini hal terbaik dalam mewakili kecairan yang aku rasakan dalam ekspresi genderku," ujar Demi.

"Aku melakukan ini untuk mereka di luar sana yang belum bisa berbagi tentang siapa mereka sebenarnya bersama orang-orang yang mereka cinta," Demi Lovato menambahkan.

5 dari 6 halaman

Ingin Punya Anak Tanpa Menikah

Beberapa waktu lalu, Demi Lovato juga sempat menyatakan dirinya ingin memiliki anak tanpa harus menikah yang berarti bisa juga mengadopsi anak.

"Aku tak tahu lagi bagaimana cara punya anak sendiri. Tapi jika memang aku ingin melakukannya, aku akan melakukannya. Jika tidak, ya tidak. Aku tidak merasa harus menunggu pasangan demi punya seorang anak," ungkapnya dalam talkshow The Morning Mash Up.

6 dari 6 halaman

Bukan Hal Baru

Kembali ke non-biner, istilah ini sudah pernah dijabarkan oleh Asosiasi Psikologi Amerika. Mengacu pada identitas gender yang tidak dapat digolongkan sebagai pria atau wanita. Bahkan, non-biner juga bisa ditemui di masyarakat Bugis di Sulawesi Selatan yang mengenal lima gender.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.