Sukses

Eternals dan Shang-Chi Disebut Tak Akan Tayang di China, Apa Sebabnya?

Dari daftar judul film Marvel Studios Fase 4 yang akan tayang di China, tidak ada Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings maupun Eternals.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar kurang menyenangkan datang dari waralaba film superhero Marvel. Dua film yang siap dirilis tahun ini, Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings dan Eternals, tak akan tayang di Tiongkok alias China.

Melansir dari comicbookmovie.com, seperti disampaikan Variety, isu tersebut awalnya muncul lantaran pengumuman dari CCTV6 (China Movie Channel), yang baru-baru ini menampilan tanggal rilis film-film Marvel yang akan tiba di China.

Dari daftar judul film Marvel Studios di Fase 4 mendatang yang diumumkan, tidak ada Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings dan Eternals. Kabar ini diyakini benar adanya lantaran CCTV6 adalah saluran yang diawasi pemerintah setempat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Departemen di Pemerintahan China

Keyakinan mengenai tak tayangnya Shang-Chi dan Eternals di China, karena CCTV6 berada di bawah yurisdiksi departemen propaganda China. Departemen tersebut memiliki kuasa untuk keputusan akhir mengenai judul-judul film Amerika yang boleh tayang di bioskop-bioskop China.

 

3 dari 5 halaman

Penyebab Eternals Tak Tayang

Namun begitu, kebenaran maupu penyebab mengenai isu ini masih belum jelas. Sejumlah spekulasi menyebutkan bahwa hal ini bermula lantaran Chloe Zhao, sutradara Eternals, pernah mengkritik keras negara kampung halamannya itu pada 2013 silam.

 

4 dari 5 halaman

Penyebab Shang-Chi

Alasan tak tayangnya Shang-Chi di China juga belum terungkap. Namun, film ini diduga berpotensi memunculkan sentimen rasisme baru lantaran karakter antagonisnya bernama Mandarin yang diperankan aktor Hong Kong Tony Leung.

Selain itu, trailer Shang-Chi sempat dibombardir sejumlah warganet lantaran penampilan Simu Liu dan Awkwafina dianggap tidak mewakili keindahan paras Tionghoa.

5 dari 5 halaman

Tetap Tayang di Indonesia

Biarpun penggemar di Tiongkok tak akan menyaksikan Shang-Chi dan Eternals di bioskop, Indonesia tentunya bakal menayangkan film superhero Marvel satu ini.

Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings rencana rilis September 2021, dilanjutkan dengan Eternals pada November 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.