Sukses

Klarifikasi David Bayu soal Band Naif Bubar Setelah 25 Tahun Berkarier

Kabar sedih datang dari industri musik Indonesia. Band Naif bubar. Sang vokalis, David Bayu, membenarkan.

Liputan6.com, Jakarta Kabar mengejutkan datang dari Naif. Band yang dikenal lewat hit “Mobil Balap” dan “Posesif” akhirnya bubar setelah 25 tahun berkarier di belantara musik Indonesia.

Naif berkarier profesional setelah merilis album debut pada 1998 dengan personel Emil (bas), David Bayu alias David Naif (vokal), Jarwo (gitar), dan Pepeng (drum) dan Chandra (kibor).

Di tengah jalan Chandra keluar. Kini, setelah seperempat abad, Naif bubar di tengah pandemi Covid-19. Kabar ini viral di medsos. David Bayu sendiri membenarkan karier band Naif telah tamat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kategori Bubar

“Dan tadi menjawab (pertanyaan) bubar atau gimana ya, isu bubar ya masalah bubar. Ya bisa dibilang masuk kategori bubar. Ya, bubar,” terang David dalam video bertajuk Bubar? di kanal YouTube David Bayu Tube.

Vokalis kelahiran Solo, 29 Agustus 1976 ini menyebut wacana bubar sebenarnya sudah lama muncul lalu mencapai puncaknya, dalam perayaan ulang tahun Naif ke-25 pada Oktober 2020.

3 dari 5 halaman

Ulang Tahun ke-25

“Sebenarnya waktu ulang tahun ke-25 Naif, Oktober tahun 2020, sebelumnya sempat gue bilang gitu ke anak-anak, 25 tahun kita announce-lah gitu (bahwa) kita udahan. Cukup 25 tahun untuk kita,” katanya.

Wacana ini disepakati personel lain dengan catatan, tak perlu membuat pengumuman resmi bahwa Naif telah bubar. Tujuannya menghindari kehebohan dan sorotan awak media.

4 dari 5 halaman

Nanti Jadi Sorotan Publik

“Namun ada satu hal yang Emil kalau enggak salah ngomong, jangan nanti jadi sorotan publik atau gimana gitu. Nanti sajalah, enggak usah di-announce,” David menyambung.

Ia pun memegang kesepakatan bersama bahwa Naif diam-diam bubar. Berberapa kali David diwawancara media, ia selalu bilang bahwa Naif sedang vakum. Bukannya bubar. 

5 dari 5 halaman

Jangan Kasih Tahu Dulu

Sedalam apa pun rahasia terkubur, akhirnya terbongkar juga. Kabar bahwa band yang melambung lewat album Jangan Terlalu dan Televisi bubar akhirnya tersiar. Ramai dibahas warganet.

“Gue selalu bilang, enggak kita lagi vakum. Karena gue selalu megang waktu itu janjiannya untuk jangan kasih tahu dulu. Padahal momennya bagus banget tuh 25 tahun untuk udahan,” pungkas David.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.