Suami Tasya Kamila Cerita Gejala Awal Idap Kanker Getah Bening

Oleh Sapto Purnomo pada 10 Mei 2021, 16:00 WIB
Diperbarui 11 Mei 2021, 14:46 WIB
Tasya Kamila dan Randi Bachtiar
Perbesar
"Suamiku @randibachtiar sedang berjuang melawan kanker (Limfoma Hodgkin stadium 2). Dia telah menjalani operasi, kemoterapi, dan sekarang menjalani radioterapi," kata Tasya Kamila di Instagram, Jumat (8/5/2021). (Instagram/tasyakamila)

Liputan6.com, Jakarta Randi Bachtiar suami Tasya Kamila divonis mengidap kanker getah bening stadium 2. Kini dirinya tengah menjalani serangkaian pengobatan termaksuk menjalani kemoterapi untuk menghilangkan kanker tersebut dalam tubuhnya.

Pria yang menikahi Tasya Kamila pada 5 Agustus 2018 mengatakan, awalnya ia sempat mengalami sesak di bagian dada sehingga membuatnya terbangun di malam hari.

"Sebenarnya enggak ada gejala yang terlalu berat sih. Cuma pas 2019 pas gue mau latihan buat marathon, gue setiap malam selalu kebangun terus merasa sesak di dada," kata Randi, dikutip dari YouTube Tasya Kamila.


Sesak Nafas

Tasya Kamila dan Randi Bachtiar
Perbesar
"Allah baik banget ya sama kamu. Kasih kesempatan buat kamu menghapus dosa, memberikan kesempatan kami mengenal kuasa dan kehendakNya. Supaya kita ingat untuk terus bergantung kepadaNya. Alhamdulillah," tutup Tasya Kamila. (Instagram/tasyakamila)

Kejadian itu terus berulang setiap harinya. Biasanya sesak napas dialami Randi Bachtiar sekitar pukul 01.00 WIB dini hari. Untuk menormalkan kembali pernafasannya, Rendi butuh waktu selama 20 menit hingga akhirnya bisa kembali tidur.

"Sama pegal (di pundak)," ujar Randi lagi.


Tak Curiga

Tasya Kamila dan Randi Bachtiar
Perbesar
Kemudian Tasya membagikan kabar bahwa dirinya dan sang suami baik-baik saja. Mereka berusaha melewatinya dan yakin bisa menghadapinya bersama. (Instagram/tasyakamila)

Awalnya Tasya Kamila dan sang suami hanya mengira hanya pegal-pegal biasa. Apalagi tidak ada tanda tanda fisik seperti benjolan di bagian tubuh, sebagai peringatan adanya penyakit getah being.

"Cuma kami enggak pernah ada curiga bahwa ini sesuatu yang berbahaya atau apa. Enggak ada sesuatu yang terlihat jelas, enggak ada tonjolan atau pun benjolan apa pun," kata Tasya.


Batuk Berkepanjangan

7 Momen Tasya Kamila Setia Dampingi Suami yang Berjuang Melawan Kanker
Perbesar
Tasya Kamila dan Randi Bachtiar (Sumber: Instagram/tasyakamila)

Semakin hari kondisi Rendi semakin memprihatainkan. Karena kanker tersebut Rendi sempat mengalami batuk berkepanjangan. Takut terserang Covid-19, ia pun sempat menjelani pemeriksaan Sweb Test.

"Itu batuk yang keras, yang harus keras banget baru kerasa enak," ucap Randi.

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya