Bill Gates Transfer Saham Senilai Rp 25,9 Triliun kepada Melinda

Oleh Ratnaning Asih pada 06 Mei 2021, 12:30 WIB
Diperbarui 06 Mei 2021, 12:30 WIB
Bill Gates dan Melinda pada 2019. (AP Photo/Elaine Thompson, File)
Perbesar
Bill Gates mengirimkan saham tersebut pada Senin (3/5/2021), atau hari yang sama saat keduanya mengumumkan perceraian. (AP Photo/Elaine Thompson, File)

Liputan6.com, Los Angeles - Bill Gates dan Melinda Gates kini sudah mulai membagi harta gana-gini dalam rumah tangga mereka. Namanya juga salah satu orang terkaya dunia, nominal harta yang mereka bagi dua bisa bikin mata membelalak.

Dilansir dari Forbes, Kamis (6/5/2021), perusahaan investasi Bill Gates, Cascade Investment, mengirimkan saham kepada Melinda senilai US$ 1,8 miliar. Bila dikonversikan, angkanya sekitar Rp 25,9 trilium.

Berdasarkan catatan SEC, pendiri Microsoft ini mengirimkan saham tersebut pada Senin (3/5/2021), atau hari yang sama saat keduanya mengumumkan perceraian.

2 dari 5 halaman

Saham yang Didapat Melinda

Melinda Gates dan Bill Gates
Perbesar
Melinda Gates dan Bill Gates. (dok.Instagram @thisisbillgates/https://www.instagram.com/p/B1MAB9TA6lh/Henry)

Melinda diketahui menerima 2,94 juta saham AutoNation dan 14,1 juta saham Canadian National Railway. Masing-masing nIlainya adalah US$ 309 juta dan US$ 1,5 miliar.

Bagaimana dengan saham Microsoft? Bill Gates memang diketahui pernah memegang porsi saham yang signifikan di perusahaan teknologi ini. Namun ia telah menghibahkannya kepada Yayasan Gates, dan juga menjualnya hingga sekarang hanya memegang kurang dari 1 persen.

3 dari 5 halaman

Tetap Orang Terkaya Nomor Empat

Bill Gates
Perbesar
Pendiri perusahaan raksasa Microsoft, Bill Gates (AFP PHOTO/SAUL LOEB)

Forbes memperkirakan dengan transfer aset ini, kekayaan Bill Gates turun dari US$ 130,4 miliar menjadi US$ 128,6 miliar.

Meski sudah berkurang puluhan triliun, pria 65 tahun ini tetap menduduki peringkat orang terkaya nomor empat di dunia.

4 dari 5 halaman

Lewat Kesepakatan Perceraian

Melinda Gates dan Bill Gates. (Instagram/ melindafrenchgates)
Perbesar
Melinda Gates dan Bill Gates. (Instagram/ melindafrenchgates)

Sebelumnya diberitakan bahwa Bill Gates dan Melinda tidak memiliki perjanjian pranikah. Kepada pengadilan, Melinda meminta pembagian harta antara keduanya dilakukan dengan kesepakatan dalam perceraian. Namun tidak diungkap apa isi kesepakatan itu.

Selain saham, Bill Gates diduga juga akan memberikan sejumlah asetnya kepada Melinda, dalam transaksi yang tak dibuka kepada publik.

5 dari 5 halaman

Pernyataan Bersama

"Setelah berpikir panjang dan berusaha keras dalam hubungan kami, kami memutuskan untuk mengakhiri pernikahan kami," begitu isi pernyataan keduanya saat mengumumkan perceraian. 

Keduanya menyatakan selama 27 tahun mereka telah membesarkan tiga anak hebat dan bahu membahu membesarkan yayasan yang bergerak di bidang kemanusiaan. 

"Kami terus berbagi rasa percaya dalam misi tersebut dan meneruskan kerja kami bersama di yayasan tersebut. Tapi kami tak lagi yakin bisa berkembang bersama sebagai pasangan dalam fase selanjutnya kehidupan kami," kata mereka memungkasi.  

Lanjutkan Membaca ↓