Genap 48 Tahun di Dunia Musik, God Bless Rayakan dengan Mulai Hari Ini

Oleh Ruly Riantrisnanto pada 06 Mei 2021, 08:30 WIB
Diperbarui 06 Mei 2021, 08:30 WIB
God Bless
Perbesar
God Bless. (Foto Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Titik awal bagi band lawas God Bless dimulai pada tanggal 4 dan 5 Mei 1973. Pada 5 Mei, nama God Bless disepakati oleh para personelnya setelah mereka sempat menggunakan nama Crazy Wheels di kancah musik nasional.

God Bless pun merayakan usia 48 tahun band mereka dengan sebuah lagu berjudul “Mulai Hari Ini”. Makna lagu tersebut sangatlah dalam seperti disampaikan melalui keterangan tertulis mereka.

"Kami sama sekali tidak pernah merasa tua karena esensi musik sebaiknya dilepaskan dari dimensi ruang dan waktu," ujar para personel God Bless, belum lama ini.

2 dari 5 halaman

Lagu Lawas

[Fimela] God Bless
Perbesar
(Bambang E.Ros/Bintang.com)

Menariknya, “Mulai Hari Ini” bukanlah lagu yang benar-benar baru. Melainkan sebuah karya lawas milik yang menggambarkan eksistensi mereka di dunia musik.

"Yang kami lakukan adalah meretrospeksi karya-karya yang sudah pernah dihasilkan. Salah satunya adalah dengan mengaransemen ulang 'Mulai Hari Ini'," tulis mereka.

 

3 dari 5 halaman

Pernah Jadi Soundtrack Film

[Fimela] God Bless
Perbesar
God Bless. (Foto: Aquarius Musikindo)

Lagu "Mulai Hari Ini" merupakan ciptaan Ian Antono dan Fajar Budiman yang pernah menghiasi film Alangkah Lucunya (Negeri Ini) besutan Deddy Mizwar dengan pemeran antara lain Reza Rahardian dan Slamet Rahardjo.

Ian Antono juga mengerjakan scoringnya bersama Thoersi Argeswara di mana kolaborasi ini diganjar Piala Citra sebagai Penata Musik Terbaik pada Festival Film Indonesia 2010.

 

4 dari 5 halaman

Musiknya

“Mulai Hari Ini” berirama rock n roll klasik, warna yang pernah dimunculkan pada debut album lewat lagu “Sesat” dan “Rock Di Udara”. Pembedanya adalah pemilihan temanya.

“Mulai Hari Ini” melukiskan perjalanan anak manusia dari hitam ke putih, meninggalkan kekelaman untuk menuju jalan Tuhan.

Sehingga, ini merupakan pengayaan tema God Bless dalam menelusuri aspek kehidupan, sosial, humanisme, lingkungan, kritik, persahabatan, dan sebagainya.

 

5 dari 5 halaman

Harapan

“Mulai Hai Ini” merupakan obat kerinduan God Bless yang sudah lebih dari setahun tidak dapat menemui penggemarnya karena pandemi yang tidak kunjung usai. Lagu ini juga menjadi sebuah harapan besar bagi God Bless untuk menyongsong hari baru yang semoga semakin dan terus membaik mulai hari ini.

"Semoga lagu ini bisa menjadi penyejuk, terutama bagi saudara-saudara kami yang dalam waktu dekat akan merayakan hari raya Idul Fitri," ujar para personel.

"Dari kami, Achmad Albar, Donny Fattah, Ian Antono, Abadi Soesman, dan Fajar Satritama, terima kasih kepada seluruh pencinta God Bless dan seluruh rekan-rekan media yang sudah setia menemani perjalanan God Bless selama 48 tahun. Terima kasih Nusantara. God bless you all!" pungkas mereka.

Lanjutkan Membaca ↓