Sukses

A Separation, Peraih Piala Oscar Film Berbahasa Asing Terbaik Hadir di Iranian Film Festival 2021

A Separation dan 24 film Iran keren lainnya akan memeriahkan Iranian Film Festival mulai 5 sampai 20 Mei 2021 di Klik Film.

Liputan6.com, Jakarta Pencinta sinema tentu ingat A Separation karya sineas Asghar Fahradi. Film Iran dengan judul asli Jodaí-e Nadér az Simín ini meraih Piala Oscar Film Berbahasa Asing Terbaik pada 2012.

Yang tak sempat menonton di bioskop Tanah Air tak perlu khawatir. A Separation dan 24 film Iran keren lainnya akan memeriahkan Iranian Film Festival mulai 5 sampai 20 Mei 2021 di Klik Film.

“Iran punya banyak film bagus yang berjaya di ajang penghargaan kelas dunia termasuk Oscars. Klik Film menggelar Festival Film Iran Mei ini agar kita bisa belajar dari karya sineas kelas dunia,” urai Director Klik Film, Frederica, dalam interviu virtual pada Selasa (4/5/2021).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Imajinasi Tak Terbatas

Hadirnya Iranian Film Festival di platform streaming rupanya disambut sejumlah artis papan atas Tanah Air. Christine Hakim menyebut pandemi Covid-19 membuat ruang gerak masyarakat terbatas.

“Meski terbatas, tapi imajinasi tidak bisa dibatasi. Di tengah pandemi, kita bisa mengapresiasi sejumlah karya sineas Iran secara legal lewat platform streaming,” kata bintang film Tjoet Nja Dhien dan Kartini.

3 dari 5 halaman

Referensi Film Iran

Christine Hakim mengakui, referensi film Iran memang terbatas. “Padahal banyak film Iran yang diundang ke festival-festival internasional. Dalam catatan saya sudah ada dua film Iran menang Oscar Film Berbahasa Asing Terbaik,” ungkapnya.

Rasa syukur juga disampaikan Sha Ine Febriyanti. Bintang film Bumi Manusia mengagumi perjuangan sejumlah sineas Iran yang berkreasi di tengah pergolakan politik di negara mereka. Toh, ini tak membuat seniman Iran menyerah.

 

4 dari 5 halaman

Mereka Punya Keterbatasan

“Film Iran itu pembuatannya tidak bisa merdeka, mereka punya keterbatasan. Jadi, kalau ada film Iran bagus, itu tidak boleh dilewatkan. Bersyukur ada Iranian Film Festival yang menghadirkan film-film terbaik Iran,” kata Ine.

Selain produk layar lebar, Iranian Film Festival 2021 menghadirkan gelar wicara yang disiarkan langsung mulai Rabu (5/5/2021) dengan narasumber Majid Majidi dan moderator sineas Riri Riza. 

5 dari 5 halaman

Gelar Wicara Beragam Topik

Gelar wicara lain yang tak kalah menarik, “Uncovering Iran and Oscar” dengan narasumber Rako Prijanto, Mouly Surya, Ismail Basbeth, Salman Aristo, dan dipandu Daniel Irawan.

Gelar wicara “A Discovery Of Iran and Spritualism” diperkuat Garin Nugroho, Rayya Makarim, Haydar Bagir, dengan moderator Alim Sudio. Ada pula sharing dengan pelaku industri film Indonesia yakni peraih dua Piala Citra Cut Mini, Indro Warkop, serta sutradara film Buya Hamka, Fajar Bustomi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.