Selain Ustaz Solmed, 7 Artis Ini Juga Terdampak Covid-19 Sampai Jual Barang demi Menyambung Hidup

Oleh Aditia Saputra pada 04 Mei 2021, 17:00 WIB
Diperbarui 04 Mei 2021, 17:00 WIB
Ustaz Solmed
Perbesar
Ustaz Solmed

Liputan6.com, Jakarta Ustaz Soleh Mahmud blak-blakan mengaku bangkrut di masa pandemi Covid-19 ini. Masa pandemi membuatnya kehilangan banyak pekerjaan yang tentu saja berdampak pada kondisi keuangan. Suami April Jasmine itu memutar otak agar bisa terus bertahan, salah satunya menjual mobil kesayangan dan beberapa barang lainnya. 

“Mobil saya jual. Saya temui teman-teman saya, saya jual face shield, saya jual sarung, saya bawa dagangan pakaian bekas saya," ujar Ustaz Solmed.

Tak hanya Ustaz Solmed,  sejumlah artis juga merasakan dampak pandemi. Mereka jadi sepi job sedangkan harus tetap membayar karyawan. Beberapa pun akhirnya banting stir jualan demi bertahan hidup.

Siapa sajakah mereka yang perekonomiannya terdampak pandemi Covid-19? Berikut daftarnya.

 

2 dari 8 halaman

Dede Sunandar

Dede Sunandar Pilih Menabung di Celengan daripad di Bank
Perbesar
Dede Sunandar Pilih Menabung di Celengan daripad di Bank

Komedian Dede Sunandar mengaku Covid-19 membuat dirinya tak lagi tampil di televisi.  Demi menghidupi keluarga dia harus memutar otak dengan mencari kerja sampingan. Salah satunya dengan berjualan camilan cireng.

Meski pendapatan tak seberapa, namun Dede bersyukur hasil camilan cirengnya bisa digunakan untuk menyambung hidup di tengah pandemi Covid-19.

 

3 dari 8 halaman

Nassar

Nassar. (Foto: Instagram @kingnassar88)
Perbesar
Nassar. (Foto: Instagram @kingnassar88)

Pedangdut Nassar sempat dikabarkan bangkrut karena sepi job di masa pandemi Covid-19. Mantan suami Muzdalifah ini mengaku kesulitan membayar cicilannya dan hanya mengandalkan uang tabungan yang tersisa. 

Selain itu, untuk menyambung kehidupan sehari-hari dia berjualan donat yang merupakan usaha turunan dari orangtua. Dia membantah kabar dirinya bangkrut hingga harus banting stir berjualan donat.

 

4 dari 8 halaman

Ivan Gunawan

Ivan Gunawan (Foto: YouTube)
Perbesar
Ivan Gunawan (Foto: YouTube)

Presenter Ivan Gunawan mengaku butiknya sepi selama pandemi Covid-19. Selain itu, dia juga sepi job tak seperti biasanya sebelum Covid-19 mewabah. 

Alhasil, mantan pacar Rossa ini berjualan camilan peyek untuk menyelamatkan nasib karyawannya yang menggantungkan hidup dengannya.

 

5 dari 8 halaman

Vanessa Angel

Vanessa Angel. (Foto: Instagram @vanessaangelofficial)
Perbesar
Vanessa Angel. (Foto: Instagram @vanessaangelofficial)

Vanessa Angel dan suami, Bibi Ardiansyah tengah terjun ke bisnis kuliner dengan berjualan kebab dan nasi briyani. Diakuinya, perekonomian mereka merosot sejak terseret kasus hukum kasus kepemilikan psikotropika. 

Ditambahkan lagi kasus Vanessa Angel berbarengan dengan mewabahnya pandemi Covid-19 di Indonesia. Sehingga ia dan suami melakukan segala cara untuk sekedar membeli susu untuk sang anak dan kebutuhan sehari-hari.

 

6 dari 8 halaman

Ibnu Jamil

[Fimela] Ririn Ekawati dan Ibnu Jamil
Perbesar
Ririn Ekawati dan Ibnu Jamil (Instagram/ririnekawati)

Ibnu Jami juga banting stir menjadi penjual bakmi. Tak sendiri, bisnis ini dijalankam bersama teman-temannya. 

Selain sepi job karena aturan PSBB diperketat demi menekan angka penyebaran Covid-19, pacar Ririn Ekawati ini berusaha tetap produktif di tengah pandemi Covid-19.

 

7 dari 8 halaman

Delon Thamrin

[Bintang] Delon.
Perbesar
Penyanyi jebolan Indonesian Idol, Delon Thamrin akan menjadi salah satu pengisi pada pernikahan sahabatnya, Sandra Dewi dan Harvey Moeis, hari ini. (Adrian Putra/Bintang.com)

Penyanyi jebolan ajang pencarian bakat Covid-19 ini mengaku kehilangan banyak kerjaan. Beberapa tawaran menyanyi ditunda hingga waktu yang tak ditentukan bahkan ada pula beberapa dibatalkan. 

Sama seperti artis yang terkena dampak pandemi Covid-19, Delon Thamrin tak ingin berdiam diri. Bersama sang istri, Aida Chandra mereka mulai menjual makanan cepat saji buatan sendiri dan dipasarkan melalui online.

 

8 dari 8 halaman

Krisna Mukti

[Bintang] Krisna Mukti
Perbesar
Preskon Artis Persari (Deki Prayoga/bintang.com)

Krisna Mukti merasa pandemi Covid-19 sangat berdampak pada perekenomiannya. Terlebih lagi uang tabungannya sudah habis untuk  pencalonan anggota DPR RI. 

Krisna Mukti mencoba bertahan hidup dengan menjual barang-barang antik miliknya. Meski dijual dengan harga Covid-19, ia bersyukur penjualan furnitur hingga buku-buku klasik miliknya cukup untuk menutupi kebutuhan sehari-hari.

Lanjutkan Membaca ↓