Sukses

Pahitnya Kehidupan Ustaz Solmed, Finansial Berantakan di Masa Pandemi, Sampai Berutang Demi Uang Rp 200 Ribu

Ustaz Solmed memiliki masalah keuangan. Masalah itu timbul efek pandemi berkepanjangan yang melanda dunia dan Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 menghantam ekonomi masyarakat Indonesia, tak terkecuali Ustaz Solmed. Sebagai penceramah terkenal, tak ada yang menyangka kehidupan Ustaz Solmed pernah terpuruk secara finansial karena hal tersebut.

Suami April Jasmine ini blak-blakan memiliki masalah keuangan di kala pandemi. Tak punya penghasilan hingga menjual aset pribadi, dialami bintang sinetron Pesantren Rock N Roll saat tak memiliki aktivitas yang bisa mendatangkan uang.

Yang terparah, kata Ustaz Solmed, ia sampai utang kepada istrinya untuk nominal yang tak terlalu besar. Karena masalah finansial, Ustaz Solmed sempat tak memiliki uang sama sekali yang bisa dipergunakannya untuk beraktifitas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Utang Rp 200 Ribu

"Saya sampai harus meminjam uang kepada April hanya perkara 200 ribu rupiah, saya pinjam duit di masa pandemi ini," kata Ustaz Solmed di saluran YouTube Indosiar dengan judul Haru!! Susah Senang Bersama!! Kisah Hidup Ust. Solmed-April Jasmine Hadapi Pandemi | AKSI ASIA 2021 yang tayang 3 Mei 2021.

3 dari 5 halaman

Pinjam Uang untuk Biaya Berobat

Ustaz Solmed juga sampai meminjam uang untuk biaya berobat sang ibunda. Itu dilakukannya karena tak memiliki tabungan untuk menyiasati hidup selama pandemi.

"Saya pinjam uang 500 ribu rupiah hanya untuk biaya berobat ibu saya, yang saya tidak punya lagi tabungan saat pandemi ini," Ustaz Solmed menambahkan.

4 dari 5 halaman

Jual Mobil

Tak sampai disitu, Ustaz Solmed sampai harus menjual asetnya demi bertahan hidup selama pandemi. Salah satunya, menjual mobil kesayangan yang biasa digunakan untuk beraktivitas di panggung dakwah.

"Dari bulan Maret, April, Mei, Juni, Juli, Agustus, September, Oktober, mobil saya jual. Tagihan, orang datang ke rumah. Saya pergi hanya mencari untuk makan," Ustaz Solmed menuturkan.

5 dari 5 halaman

Jualan Face Shield

Sadar tak memiliki penghasilan tetap, Ustaz Solmed kemudian berinisiatif untuk berdagang. Ia memilih menjual face shield yang populer saat pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

"Saya jual face shield, saya jual sarung, saya bawa dagangan pakaian bekas saya. Tidak ada yang tahu mungkin satu Indonesia. Dan saya selalu melarang istri saya, jangan pernah cerita apa pun soal perkara hidup kita," dia memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.