Mengenang Kisah Cinta Melinda dan Bill Gates: Asmara CEO dan Karyawan Baru yang Berawal di Tempat Parkir

Oleh Ratnaning Asih pada 04 Mei 2021, 09:30 WIB
Diperbarui 04 Mei 2021, 10:00 WIB
Bill Gates dan Melinda pada 2019. (AP Photo/Elaine Thompson, File)
Perbesar
Bill Gates dan Melinda pada 2019. (AP Photo/Elaine Thompson, File)

Liputan6.com, Jakarta Bill Gates dan Melinda Gates mengumumkan bahwa mereka kini telah berpisah. Hal ini diungkap dalam pernyataan bersama yang dibagikan di akun Twitter resmi Bill Gates, Selasa (4/5/2021) pagi waktu Indonesia.

"Setelah berpikir panjang dan berusaha keras dalam hubungan kami, kami memutuskan untuk mengakhiri pernikahan kami," begitu isi pernyataan keduanya.

Publik tersentak, karena tak terdengar masalah besar dalam pernikahan keduanya yang telah berjalan 27 tahun. Keduanya juga kompak dalam kegiatan filantropi yang mereka gagas.

Sebelum kandas, kisah cinta keduanya dimulai dengan indah. Yakni dari perusahaan yang didirikan Bill Gates, Microsoft.

 

2 dari 5 halaman

Bertemu di Rapat

Melinda dan Bill Gates pada 2001. (AP Photo/Andy Rogers, File)
Perbesar
Melinda dan Bill Gates pada 2001. (AP Photo/Andy Rogers, File)

Dilansir dari BBC, keduanya pertama kali bertemu saat Melinda masuk menjadi karyawan baru Microsoft tahun 1987, sebagai product manager.

People menyebut, bahwa ini adalah pekerjaan pertamanya setelah lulus kuliah.

"Aku bertemu dengannya dalam sebuah rapat penjualan di New York," kata Bill Gates dalam sebuah wawancara dengan CBS Sunday Morning pada 2017.

3 dari 5 halaman

Di Tempat Parkir

Bill Gates
Perbesar
Pendiri perusahaan raksasa Microsoft, Bill Gates (AFP PHOTO/JOSHUA LOTT)

Setelah pertemuan itu, Bill Gates langsung bergerak cepat. "Dan hanya sekitar seminggu setelahnya, aku menemuinya di tempat parkir dan bertanya apa ia mau berkencan," tutur pria 65 tahun ini.

Hubungan ini lantas menjadi serius. "Kami sangat peduli satu sama lain dan hanya ada dua pilihan: entah kami putus atau menikah," kata Bill dalam sebuah dokumenter Netflix. 

4 dari 5 halaman

Menikah di Hawaii

Bill Gates dan Melinda di video Gates Foundation.
Perbesar
Bill Gates dan Melinda di video Gates Foundation. Dok: YouTube - Gates Foundation

Melinda kemudian berkata bahwa Bill bahkan sempat menulis daftar "hal positif dan negatif dari menikah" di sebuah papan tulis untuk mempertimbangkan hal ini.

"Saat ia kesulitan memutuskan apakah akan menikah, ia menjabarkan dengan sangat jelas bahwa ini bukan tentangku, tapi 'Apakah aku bisa menyeimbangkan antara pekerjaan dan kehidupan keluarga?'," kata Melinda dalam sebuah wawancara dengan The Sunday Times. 

Keduanya kemudian menikah di Lanai, Hawaii, pada 1 Januari 1994. Mereka disebut-sebut menyewa semua helikopter di daerah tersebut untuk mencegah tamu yang tak diinginkan untuk mampir dan mengintip pernikahannya.

5 dari 5 halaman

Kesabaran Jadi Kunci

Melinda menceritakan bahwa hidup bersama Bill Gates bukan sesuatu yang sulit. Namun kadang, memang ada letupan kecil dalam pernikahan mereka. Contohnya, Melinda sempat marah karena ia sibuk mempersiapkan kebutuhan ketiga anak mereka, sementara Bill malah tenggelam dalam buku bacaan soal Winston Churchill.

"Ia butuh sedikit latihan, tapi dia juga bakal mengatakan hal yang sama," kata Melinda. Kala itu, ia mengatakan bahwa kesabaran adalah kunci hubungan keduanya.

Lanjutkan Membaca ↓