Sukses

Aktris Peraih Piala Oscar Olympia Dukakis Meninggal Dunia

Olympia Dukakis, aktris pemenang Piala Oscar 1988 berpulang untuk selamanya pada usia 89 tahun setelah sempat menjalani perawatan.

Liputan6.com, Jakarta - Aktris Olympia Dukakis yang pernah menyabet Piala Oscar sebagai Aktris Pendukung Terbaik dalam film Moonstruck (1987), dikabarkan meninggal dunia di rumahnya di New York City, AS, pada Sabtu (1/5/2021) waktu setempat.

Bintang film Away From Her, Look Who’s Talking, dan Mr. Holland’s Opus ini berpulang untuk selamanya pada usia 89 tahun setelah sempat menjalani perawatan.

Melansir situs Deadline, kabar meninggalnya Olympia Dukakis ini sempat diumumkan oleh saudara laki-lakinya, Apollo, di media sosial. Ia menyampaikan secara umum terkait kepergian saudarinya untuk selamanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Isi Kabar Duka dari Keluarga

"Adik saya tercinta, Olympia Dukakis, meninggal pagi ini di New York City," tulis Apollo melalui akun Facebook miliknya, Minggu (2/5/2021).

"Setelah berbulan-bulan kesehatannya menurun, ia akhirnya merasa damai dengan Louis (Louis Zorich, suaminya)," lanjutnya.

3 dari 5 halaman

Penyebab Pasti Belum Diketahui

Penyakit yang jadi penyebab meninggalnya Dukakis masih belum diumumkan. Namun yang jelas, kondisi kesehatan yang buruk selama beberapa waktu belakangan ini menjadi penyebabnya.

4 dari 5 halaman

Kiprah

Selama berkiprah di dunia akting, Olympia Dukakis telah banyak membintangi film-film menarik sejak era 1980-an akhir hingga 2010-an. Selain judul-judul di atas, terdapat juga film menarik lain seperti Steel Magnolias (1989), Look Who’s Talking (1989), A Match Made in Heaven (1997), dan The Pentagon Wars (1998).

Sejumlah drama televisi juga sempat dijajalnya seperti Tales of the City (1993) dan sekuelnya yang membuatnya masuk nominasi Emmy. Dukakis juga pernah tampil dalam Armistead Maupin’s Tales of the City yang rilis di Neflix pada 2019 lalu.

5 dari 5 halaman

Dari Teater, Aktivis hingga Mengajar

Awal karier, Olympia Dukakis melangkah di dunia teater sejak tahun 1960-an hingga di usianya 56 tahun, wanita kelahiran 20 Juni 31 ini menjadi sorotan saat memerankan Rose Castorini dalam film komedi Moonstruck. Rose adalah ibu berwatak sinis dari karakter Loretta Castorini yang diperankan penyanyi Cher.

Dari situlah Dukakis mendapat sejumlah penghargaan termasuk Academy Award, Golden Globe, dan juga nominasi di ajang BAFTA.

Selain di dunia hiburan, Olympia Dukakis juga berkecimpung sebagai seorang aktivis, dermawan, serta pengajar drama di New York University. Dukakis juga sempat mendapatkan bintang di Hollywood Walk of Fame pada 2013.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.