Cerita Pekan Ini: Gagahnya Minho SHINee dan Para Artis Korea Berseragam Tentara Kala Wamil

Oleh Ratnaning Asih pada 29 Apr 2021, 21:00 WIB
Diperbarui 29 Apr 2021, 21:00 WIB
Unggahan Korps Marinir tentang Minho SHINee. (Instagram/ rokmchq)
Perbesar
Unggahan Korps Marinir tentang Minho SHINee. (Instagram/ rokmchq - https://www.instagram.com/p/CGlcEW_n1tc/)

Liputan6.com, Seoul - Setiap laki-laki Korea Selatan yang sehat, selain perkecualian tertentu, mengemban satu kewajiban negara yang sangat dipandang serius: wajib militer alias wamil. Termasuk para artis Korsel.

Para penggemar tentu harus bersabar menanggung rindu kira-kira selama 1,5 tahun. Namun tak jarang, rasa kangen ini dibayar dengan kebanggaan, terutama bila sosok yang diidolai mengukir prestasi.

Lihat saja Minho SHINee.

Unggahan Korps Marinir tentang Minho SHINee. (Instagram/ rokmchq - https://www.instagram.com/p/CGlcEW_n1tc/)
Perbesar
Unggahan Korps Marinir tentang Minho SHINee. (Instagram/ rokmchq - https://www.instagram.com/p/CGlcEW_n1tc/)

Pelantun "Don't Call Me" ini mendapat pujian dari Angkatan Laut Korea Selatan karena dedikasinya. Minho bahkan tak mengambil jatah cutinya demi ikut mengajar juniornya berlatih.

Ok Taecyeon dalam unggahan blog Military Manpower Administration. (https://blog.daum.net/mma9090/13087)
Perbesar
Ok Taecyeon dalam unggahan blog Military Manpower Administration Korea Selatan. (https://blog.daum.net/mma9090/13087)

Ok Taecyeon, member 2 PM dan bintang Vincenzo, juga mendapat penghargaan sebagai tentara teladan karena dianggap cocok sebagai panutan rekan-rekannya. 

D.O EXO dalam unggahan Twitter resmi Military Manpower Administration Korea Selatan. (Twitter/ https://twitter.com/mma9090/status/1328867985230946305/photo/1)
Perbesar
D.O EXO dalam unggahan Twitter resmi Military Manpower Administration Korea Selatan. (Twitter/ https://twitter.com/mma9090/status/1328867985230946305/photo/1

Foto sersan Do Kyung Soo alias D.O EXO juga pernah mejeng di Twitter resmi lembaga pemerintah Korsel, Military Manpower Administration (MMA). Ia ikut dalam kegiatan MMA di media sosial, untuk memperlihatkan kebanggaan sebagai seorang tentara. 

Yook Sungjae dalam unggahan Twitter resmi Military Manpower Administration Korea Selatan. (Twitterhttps://twitter.com/mma9090/status/1328228534750375938)
Perbesar
Yook Sungjae dalam unggahan Twitter resmi Military Manpower Administration Korea Selatan. (Twitter/ https://twitter.com/mma9090/status/1328228534750375938)

Yook Sungjae BTOB juga aktif dalam kegiatan kampanye kemiliteran. Salah satunya, bintang Goblin ini ikut terlibat dalam kampanye mengajak publik memberikan semangat kepada tentara di tengah pandemi Covid-19. 

(kiri atas) Joo Won, Beenzino,  Go Kyung Pyo, bersama (bawah) Taeyang dan Daesung Bigbang. (Instagram/ kopular - https://www.instagram.com/p/B7XdDnuHX8u/)
Perbesar
(kiri atas) Joo Won, Beenzino, Go Kyung Pyo, bersama (bawah) Taeyang dan Daesung Bigbang. (Instagram/ kopular - https://www.instagram.com/p/B7XdDnuHX8u/)

Kadang sejumlah artis bisa jadi satu angkatan saat wamil. Kalau sudah begini, kadang sikap resmi mereka tinggal sejenak di barak. 

Lihat saja gaya Joo Won, Beenzino, Go Kyung Pyo, serta Taeyang dan Daesung Bigbang saat foto bersama.

Foto Kim Soo Hyun saat wamil yang tersebar di media sosial Korea Selatan. (Foto via Soompi)
Perbesar
Foto Kim Soo Hyun saat wamil yang tersebar di media sosial Korea Selatan. (Foto via Soompi)

Hal lain yang khas tentang kehidupan para tentara adalah eratnya hubungan antara para serdadu dalam satu barak. Hal ini juga yang terlihat dari foto Kim Soo Hyun saat wamil yang tersebar di forum online. 

Wab, coba bayangkan seorang Kim Soo Hyun tidur di ranjang susun!