Sukses

Cerita Pekan Ini: Gagahnya Minho SHINee dan Para Artis Korea Berseragam Tentara Kala Wamil

Sejumlah artis Korea Selatan bahkan mendapat pengakuan pemerintah saat mereka wamil.

Liputan6.com, Seoul - Setiap laki-laki Korea Selatan yang sehat, selain perkecualian tertentu, mengemban satu kewajiban negara yang sangat dipandang serius: wajib militer alias wamil. Termasuk para artis Korsel.

Para penggemar tentu harus bersabar menanggung rindu kira-kira selama 1,5 tahun. Namun tak jarang, rasa kangen ini dibayar dengan kebanggaan, terutama bila sosok yang diidolai mengukir prestasi.

Lihat saja Minho SHINee.

Pelantun "Don't Call Me" ini mendapat pujian dari Angkatan Laut Korea Selatan karena dedikasinya. Minho bahkan tak mengambil jatah cutinya demi ikut mengajar juniornya berlatih.

Ok Taecyeon, member 2 PM dan bintang Vincenzo, juga mendapat penghargaan sebagai tentara teladan karena dianggap cocok sebagai panutan rekan-rekannya. 

Foto sersan Do Kyung Soo alias D.O EXO juga pernah mejeng di Twitter resmi lembaga pemerintah Korsel, Military Manpower Administration (MMA). Ia ikut dalam kegiatan MMA di media sosial, untuk memperlihatkan kebanggaan sebagai seorang tentara. 

Yook Sungjae BTOB juga aktif dalam kegiatan kampanye kemiliteran. Salah satunya, bintang Goblin ini ikut terlibat dalam kampanye mengajak publik memberikan semangat kepada tentara di tengah pandemi Covid-19. 

Kadang sejumlah artis bisa jadi satu angkatan saat wamil. Kalau sudah begini, kadang sikap resmi mereka tinggal sejenak di barak. 

Lihat saja gaya Joo Won, Beenzino, Go Kyung Pyo, serta Taeyang dan Daesung Bigbang saat foto bersama.

Hal lain yang khas tentang kehidupan para tentara adalah eratnya hubungan antara para serdadu dalam satu barak. Hal ini juga yang terlihat dari foto Kim Soo Hyun saat wamil yang tersebar di forum online. 

Wab, coba bayangkan seorang Kim Soo Hyun tidur di ranjang susun!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.