Luca, Film Animasi Terbaru Pixar Berisi Kepingan Memori Masa Kecil Sang Sutradara

Oleh Ratnaning Asih pada 30 Apr 2021, 10:40 WIB
Diperbarui 30 Apr 2021, 10:40 WIB
Film animasi Luca. (Disney Pixar via Instagram/ pixarluca)
Perbesar
Luca merupakan nama karakter utama film animasi ini yang disuarakan oleh aktor cilik Jacob Tremblay. (Disney Pixar via Instagram/ pixarluca)

Liputan6.com, Jakarta Sebuah film animasi garapan studio Pixar, Luca, siap dilepas pada musim panas tahun ini.

Film ini memiliki kisah unik, tentang monster laut yang memiliki ketertarikan terhadap dunia manusia. Meski bernuansa fantasi, Luca sebenarnya memuat kepingan memori masa kecil sang sutradara, Enrico Casarosa. Tepatnya kampung halamannya di Genoa, kota pelabuhan di Riviera, Italia.

Dalam presentasi daring yang digelar Disney-Pixar beberapa waktu lalu, ia bercerita bahwa pemandangan di daerah ini begitu khas dan indah dengan tebing yang terjal.

"Aku selalu berpikir bahwa ada sesuatu yang magis tentang daerah ini, rasanya hampir seperti bakal ada makhluk dari laut yang akan naik dan nongkrong di bebatuan. Ada sesuatu yang unik, termasuk warna airnya yang biru-kobalt, tak ada yang seperti ini," tuturnya.

2 dari 5 halaman

Persahabatan

Film animasi Luca. (Disney Pixar via Instagram/ pixarluca)
Perbesar
Film animasi Luca. (Disney Pixar via Instagram/ pixarluca)

Yang Enrico bawa ke dalam Luca tak hanya soal musim panas di Riviera dengan manisnya gelato, tapi juga persahabatan masa kecilnya dulu. 

"Inti dari cerita ini adalah mengenai persahabatan, [seperti] persahabatan yang kuat dengan kawan-kawanku dulu," kata dia.

Enrico bercerita bahwa dirinya dulu agak peragu dan takut-takut, sementara sang sahabat, Alberto, petualang yang tak takut bikin onar.

"Kami sangat berbeda, tapi juga sangat klop satu sama lain. Ia membuatku tertantang untuk keluar dari zona nyaman. Persahabatan seperti inilah yang ingin kubicarakan," Enrico menjelaskan.

3 dari 5 halaman

Dari Peta Kuno

Sutradara Enrico Casarosa. (dok. Disney Pixar)
Perbesar
Sutradara Enrico Casarosa. (dok. Disney Pixar)

Bahkan topik mengenai monster laut juga berakar dari ketertarikannya sejak lama, yakni peta kuno. Enrico menceritakan dalam peta kuno yang ia lihat, kerap menampilkan gambar monster-monster di lautan.

"Mereka menyertakan legenda, hal yang ditakuti dari laut, misteri dari laut, semua ketakutan, ini adalah cerita rakyat yang sangat menakjubkan," kata nomine Oscar 2012 lewat animasi pendek La Luna ini.

 

4 dari 5 halaman

Manusia dan Monster

Film animasi Luca. (Disney Pixar via Instagram/ pixarluca)
Perbesar
Film animasi Luca. (Disney Pixar via Instagram/ pixarluca)

Sang produser, Andrea Warren, menambahkan bahwa ada tema besar yang menarik dalam film. Yakni baik manusia dan para makhluk laut menganggap satu sama lain adalah monster.

"Ini bagian dari tema film, yakni bahwa mereka sebenarnya bukan monster. Kalau saja mereka mengenal satu sama lain dan saling mengapresiasi, manusia akan tahu bahwa mereka bukan monster," tuturnya.

 

5 dari 5 halaman

Petualangan Luca di Dunia Manusia

Luca merupakan nama karakter utama film ini yang disuarakan aktor cilik Jacob Tremblay. Luca hidup dengan keluarganya di bawah laut dengan satu aturan utama: jangan muncul ke dunia manusia di atas permukaan laut.

Perkenalannya dengan Alberto (Jack Dylan Grazer) membuatnya nekat melanggar aturan ini. Apalagi ia terbayang-bayang dengan sebuah benda bikinan manusia yang diperkenalkan Alberto: motor Vespa.

Luca akan tayang di Disney Plus pada 18 Juni 2021.

Lanjutkan Membaca ↓