Tantowi Yahya Cerita soal Konser di Selandia Baru yang Tak Lagi Pakai Masker dan Bebas Covid-19

Oleh Aditia Saputra pada 29 Apr 2021, 20:00 WIB
Diperbarui 29 Apr 2021, 20:00 WIB
Kebersamaan Tantowi Yahya
Perbesar
Tantowi Yahya punya cerita tersendiri bersama mendiang Olga Syahputra. Meski sudah bertahun-tahun lamanya berlalu

Liputan6.com, Jakarta Presenter yang kini menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya merasakan sesuatu yang berbeda di masa pandemi ini.  

Tantowi Yahya menceritakan bahwa di Selandia Baru masyarakat sudah tak lagi menggunakan masker dan menjaga jarak. Bahkan ada konser yang digelar dengan jumlah penonton hingga 50 ribu.

Tantowi Yahya bahkan menunjukkan buktinya melalui foto-foto yang diunggah di akun Instagramnya.

 

2 dari 4 halaman

Selandia Baru Bebas Covid

Konser terbuka yang dilakukan di Selandia Baru (Instagram/Tantowi Yahya)
Perbesar
Konser terbuka yang dilakukan di Selandia Baru (Instagram/Tantowi Yahya)

Tantowi Yahya mengungkapkan di Selandia Baru bisa bebas Covid. Dia menyebut sejumlah langkah yang diambil pemerintah di sana.

"Mengapa Selandia Baru bisa bebas Covid. Banyak sekali pertanyaan yang diajukan ke kami yang tinggal di Selandia Baru (NZ) - Mengapa kami sudah tidak lagi memakai masker dan menjaga jarak," kata Tantowi Yahya.

"Ada tiga langkah yang diambil Pemerintah NZ : 1. Penutupan perbatasan segera untuk mencegah masuknya Covid. Penutupan dilakukan setelah terdapat sejumlah kasus di komunitas dan itu berasal dari luar negeri. Sampai hari ini SB tertutup buat turis. 2. Lockdown ketat (diawasi dan diberi sanksi buat pelanggar) untuk mencegah rantai penularan di komunitas. 3. Pembentukan Team of 5 Million yaitu tim yang berisikan seluruh penduduk NZ yang berjumlah 5 juta. Penanggulangan Covid-19 tidak bisa hanya dilakukan oleh Pemerintah. Semua harus terlibat sesuai profesi, pekerjaan dan status masing-masing," sambung dia.

3 dari 4 halaman

Konser 50 Ribu Penonton

Konser terbuka yang dilakukan di Selandia Baru (Instagram/Tantowi Yahya)
Perbesar
Konser terbuka yang dilakukan di Selandia Baru (Instagram/Tantowi Yahya)

Tantowi Yahya mengunggah foto konser dari sebuah band lokal yang menyedot jumlah penonton hingga 50 ribu orang.

"Dua photo yang saya posting disini adalah konser Sixty60, band lokal terkenal di hadapan 50.000 penonton di Eden Stadium, Auckland tanggal 24 April lalu," tulis dia.

4 dari 4 halaman

Tak Bisa Direplikasi di Indonesia

Namun demikian, kisah sukses di Selandia baru tak bisa direplikasi ke tanah air. Sebab penduduk dan kompleksitas di Indonesia jauh lebih besar ketimbang Selandia Baru.

Lanjutkan Membaca ↓