Sukses

Keluarga Chadwick Boseman Tanggapi Isu Oscar Hina Almarhum, Kirim Pujian untuk Anthony Hopkins

Kemenangan Anthony Hopkins di ajang Oscar 2021 berbuntut panjang. Sejumlah pihak menyebut Academy Awards ke-93 menghina almarhum.

Liputan6.com, Jakarta Kemenangan Anthony Hopkins di Oscar 2021 lewat film The Father berbuntut panjang. Pasalnya, banyak yang menilai Chadwick Boseman yang tampil di Ma Rainey's Black Bottom lebih layak. Isu meliar kala urutan kategori diubah.

Film Terbaik yang biasanya diumumkan di akhir, dimajukan. Kategori Aktor Terbaik dijadikan puncak acara. Ndilalah, yang menang bukan Sang Raja Wakanda. Spekulasi pun bermunculan.

Panitia Academy Awards diduga sengaja menempatkan kategori Pemeran Utama Pria Terbaik di ujung untuk memberi penghormatan pada almarhum. Apa daya hasil vote berkata lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Yakin Anthony Melakukannya

Pihak keluarga yang diwakili kakak Chadwick, Derrick Boseman, meluruskan spekulasi yang menyebut Oscar sengaja melakukan snub atau menghina atau mempermalukan sang aktor. Keluarga Boseman selama ini mendoakan Anthony Hopkins.

“Saya yakin (Anthony) akan melakukannya jika Chad menang,” ungkapnya dilansir dari TMZ. “Jangan lupa ... setelah AH menang penghargaan untuk perannya dalam The Father, pesannya ramah termasuk tribute-nya kepada Chadwick,” imbuh Derrick.

3 dari 5 halaman

Sebagai Kampanye

Lebih lanjut Derrick menyatakan, Piala Oscar bukan tujuan utama Chadwick Boseman terjun ke dunia seni. Karenanya, masuk bursa Oscars bersama empat nomine lain bagi almarhum sebuah kehormatan.

“Chadwick selalu menggambarkannya kepada saya sebagai kampanye,” kata Derrick seraya menambahkan, “Ya, Oscar akan menjadi pencapaian, tapi tidak pernah menjadi obsesi (buat Chadwick).”

4 dari 5 halaman

Risiko Telah Diperhitungkan

Executive VP of Unscripted and Alternative entertainment ABC, Rob Mills, menyampaikan klarifikasi dalam wawancara dengan Variety. Rob menyebut pihaknya tak bermaksud menjadikan akhir malam puncak Oscar 2021 untuk orang yang absen.

“Itu risiko yang telah diperhitungkan, yang menurut saya masih terbayar karena semua orang membicarakannya,” kata Rob lalu membandingkan akhir Oscar 2021 dengan tragedi salah amplop La La Land versus Moonlight tiga tahun silam.

5 dari 5 halaman

Tragedi Salah Amplop

“Demikian pula, tidak ada yang menginginkan salah amplop terjadi, seperti tiga tahun lalu, tetapi semua orang membicarakannya,” ungkap Rob lalu mengakui, “Beberapa orang kesal, beberapa orang menyukainya, dan itulah intinya bahwa tidak ada sikap apatis.”

Meski telah diklarifikasi masih saja ada yang kesal. TMZ menyebut, model Winnie Harlow mengungkit babak akhir Oscar 2021 sebagai sesuatu yang gila karena Chadwick tak mendapat Piala Oscar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.