Sukses

Musikus Ezra Furman Ungkap Dirinya Transgender dan Telah Jadi Ibu

Ezra Furman begitu berbahagia bisa menjadi orangtua, meski sempat khawatir akan dihakimi.

Liputan6.com, Los Angeles - Musikus Ezra Furman akhirnya secara terbuka mengungkap identitas dirinya kepada publik. Artis dan pencipta lagu asal Amerika Serikat ini mengumumkan bahwa ia seorang transgender.

Tak hanya itu, personel band Ezra Furman and the Harpoons ini juga menyebut bahwa dirinya telah menjadi seorang ibu.

Diwartakan People, Selasa (27/4/2021), hal ini ia umumkan dalam unggahan Instagram miliknya yang bercentang biru baru-baru ini. Artis 34 tahun tersebut menguggah sejumlah foto, mulai dari swafoto hingga foto bersama anaknya yang wajahnya disamarkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sempat Kurang Sreg

"Aku ingin membagikan kepada semuanya, bahwa aku adalah seorang wanita trans, dan juga bahwa aku adalah seorang ibu untuk beberapa waktu terakhir (sudah dua tahun lebih)," tulisnya di awal caption.

Selanjutnya, pelantun soundtrack untuk serial Netflix kondang Sex Education ini mengatakan selama ini ia sebenarnya kurang sreg menggunakan kata wanita transgender. Terutama, menggunakan kata 'wanita'.

3 dari 5 halaman

Hal Kompleks

"Aku sering mendeskripsikan diriku sebagai sosok non-binary, yang mungkin masih benar adanya (aku akan memikirkan hal ini lagi). Namun aku sudah menerima bahwa faktanya aku adalah wanita, dan ya, untukku ini kompleks, tapi memang menjadi wanita adalah hal kompleks," tuturnya.

Ia menambahkan, "Aku sangat bangga menjadi wanita transgender dan untuk mengakui dan bisa mengatakannya. Ini bukan perjalanan mudah."

4 dari 5 halaman

Sempat Takut Dihakimi

Pelantun "Love You So Bad" ini juga begitu berbahagia bisa menjadi orangtua.

"Ini begitu indah dan suci dan aku begitu menyukainya. Aku belum mengungkap kepada publik bahwa aku adalah orangtua karena khawatir akan dihakimi dan dikritik seakan ini adalah urusan orang banyak, bukannya urusanku dan keluargaku," kata dia.

 

5 dari 5 halaman

Transgender Sekaligus Ibu

Ezra Furman sempat curhat, bahwa saat anaknya lahir, ia bisa dibilang tak punya panutan wanita transgender yang juga seorang ibu, yang bisa ia contoh. Karena itu, ia kini berani maju mengungkap identitasnya kepada dunia.

"Aku adalah wanita trans sekaligus seorang ibu. Ini adalah hal yang bisa terjadi. Aku tak pernah memimpikan bahwa kita bisa bahagia, menyadari bahwa kita adalah trans, mengungkapnya, dan juga menjadi orang tua," tuturnya.

Ia menambahkan, "Tapi ternyata bisa, dan aku melakukannya. Karena para transgender berhak (mendapat) hidup yang mereka inginkan, dengan cara mereka," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.