Sukses

Viral Isu Babi Ngepet Ditangkap di Depok, Mbah Mijan Ungkap Ciri Khas Kaki Depan Mirip Tangan Manusia

Yang viral sepanjang hari kemarin, penangkapan seekor babi yang diiringi isu babi ngepet. Mbah Mijan turun tangan mengklarifikasi.

Liputan6.com, Jakarta Yang viral kemarin hingga hari ini, penangkapan seekor babi di Bedahan, Sawangan, Depok, Jawa Barat, Selasa (27/4/2021). Penangkapan ini diiringi isu babi ngepet. Polisi telah membantah dan kini Mbah Mijan meluruskan.

Mbah Mijan memastikan yang ditangkap di Depok itu bukan babi ngepet alias babi jadi-jadian yang identik dengan pesugihan. Menurut dia, babi ngepet punya kartakteristik khas yang tak terdapat pada tubuh babi tangkapan warga.

Meski demikian, isu babi ngepet kadung viral di medsos. Pantuan Showbiz Liputan6.com, Rabu (28/4/2021) siang, kata babi bertengger di urutan kedua trending topic Twitter Indonesia dengan lebih dari 62 ribu twit dalam beberapa jam terakhir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ada Bulu Warna Putih

“Mbah perlu tegaskan ciri-ciri babi ngepet asli. Kaki belakang mirip seperti kaki manusia dan kaki depan babi mirip seperti tangan manusia,” terang Mbah Mijan dalam video singkat yang diunggah di akun Instagram terverifikasinya, 28 April 2021.

“Yang kedua, ada bulu berwarna putih yang melindang dari pusar,” bintang film Cipali Km 182 dan Psikopat menyambung. Menyertai video ini, Mbah Mijan memberi ulasan singkat soal babi ngepet.

3 dari 5 halaman

Babi Jadi-jadian

Masyarakat selama ini memercayai babi ngepet sarana pesugihan dengan mengandalkan babi jadi-jadian “beredar” mengeruk uang. Selama babi ini beredar, sang pemelihara berjaga di rumah seraya menyalakan lilin.

Babi Ngepet adalah sebuah ilmu pesugihan yang mengubah manusia menjadi Siluman Babi atau disebut Babi jadi-jadian. Ritualnya menggunakan sesaji dan lilin,” beri tahu Mbah Mijan bersama video itu.

4 dari 5 halaman

Mirip Babi Hutan

Setelahnya, Mbah Mijan memaklumi jika masyarakat mencurigai binatang yang ditangkap di Depok babi jadi-jadian mengingat babi ngepet memang berbulu hitam.

Babi Ngepet mirip dengan Babi Hutan, bulunya hitam dan bertaring, namun yang membedakan adalah kakinya. Kaki belakang menyerupai kaki manusia dan kaki depan menyerupai tangan manusia,” pungkasnya.

5 dari 5 halaman

Yang Jaga Lilin Magang

Tangkapan layar berita seputar babi ngepet dan klarifikasi Mbah Mijan mejeng di akun gosip Instagram terverifikasi. Ribuan komentar warganet membanjiri kolom. Mayoritas menduga mengapa babi ini tertangkap.

Yang jaga lilin masih magang itu,” cuit akun @jnyptri_. “Yang jaga lilin ketiduran,” akun @naylaafw menimpali. Akun @ndrap_ menyahut, “Mungkin disinilah kiasan itu terbukti benar, "Bekerja keraslah sampai tetanggamu mengira kamu ngepet.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.