Sukses

Daniel Kaluuya Menang Pemeran Pendukung Pria Terbaik Oscar 2021, Belajar Cintai Diri Sendiri Berkat Black Panther

Daniel Kaluuya meraih Piala Oscar pertama di kategori Pemeran Pendukung Pria Terbaik lewat film Judas and The Black Messiah.

Liputan6.com, Jakarta - Academy Awards ke-93 alias Oscar 2021 telah mengumumkan sejumlah pemenang di putaran awal. Terbaru, kemenangan Daniel Kaluuya sebagai Pemeran Pendukung Pria Terbaik lewat film Judas and The Black Messiah.

Kemenangan di Oscar ini telah diprediksi banyak pihak mengingat, Daniel Kaluuya sebelumnya membawa pulang piala di tiga festival film besar lainnya yakni, Golden Globes, BAFTA, dan SAG Awards.

Ini Piala Oscar pertama bagi Daniel Kaluuya setelah dua kali dinominasikan. Sebelumnya, sang aktor meraih nominasi Pemeran Utama Pria Terbaik tahun 2018 lewat drama menegangkan, Get Out.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Belajar dari Karakter

Di atas panggung, Daniel Kaluuya menyampaikan syukur lewat pidato yang penuh haru. Ada banyak catatan yang disampaikannya di atas panggung. Salah satunya, terkait karakter Hampton yang dimainkannya.

Hampton, kata Daniel Kaluuya, hanya hidup selama 21 tahun. “Dia menemukan cara untuk memberi anak-anak sarapan, mendidik mereka, memberikan perawatan medis gratis melewati segala rintangan,” ucapnya.

3 dari 5 halaman

Perihal Tanggung Jawab

Berkaca pada perjuangan Fred Hampton, Daniel menyatakan, “Ada begitu banyak pekerjaan yang harus dilakukan, teman - dan itu menjadi tanggung jawab semua orang di ruangan ini.”

Meski ada banyak pekerjaan yang mesti dilakukan, Daniel Kaluuya mengingatkan pentingnya merayakan hidup. Ia kemudian berterima kasih kepada orangtua dengan cara unik.

4 dari 5 halaman

Cintai Diri Sendiri

“Ibu dan ayah, mereka bercinta. Luar biasa! (Maka) saya berada di sini (sekarang)!” seloroh Daniel Kaluuya disambut tawa hadirin. Bagi masyarakat Indonesia, Daniel Kaluuya bukan nama asing.

Selain Get Out, ia membintangi Black Panther. Daniel menyebut, Black Panther punya makna penting dalam sejarah kariernya. “Dari Tim Black Panther, saya belajar (untuk tidak lupa) mencintai diri sendiri,” katanya.

5 dari 5 halaman

Empat Kandidat Lain

Daniel Kaluuya meraih Oscar setelah mengalahkan empat kandidat lainnya yakni, Sacha Baron Cohen (The Trial of the Chicago 7) dan Leslie Odom Jr (One Night in Miami).

Dua aktor hebat lainnya yang juga dinominasikan yakni Paul Raci lewat film Sound of Metal dan rekan Daniel sendiri dalam Judas and the Black Messiah, Lakeith Stanfield.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.