Hubungan Pangeran Harry dengan Ayah dan Abangnya Dikabarkan Mulai Mencair

Oleh Ratnaning Asih pada 24 Apr 2021, 09:00 WIB
Diperbarui 24 Apr 2021, 09:00 WIB
Pangeran Harry dalam pemakaman Pangeran Philip. (Victoria Jones/Pool via AP)
Perbesar
Pangeran Harry tidak ingin ketegangan mewarnai kunjungannya ke Inggris. (Victoria Jones/Pool via AP)

Liputan6.com, London - Kepulangan Pangeran Harry ke Inggris untuk menghadiri pemakaman Pangeran Philip disebut-sebut mulai mencairkan ketegangan antara dirinya dengan pihak keluarga. Dilansir dari E! News, Jumat (23/4/2021), sejumlah sumber dan pengamat menyuarakan hal ini.

Omid Scobie, jurnalis khusus topik Kerajaan Inggris dari Bazaar.com menyebut bahwa Pangeran Harry tidak ingin ketegangan mewarnai kunjungannya ke Inggris.

"Perjalanan ini adalah untuk menghormati hidup kakeknya dan mendukung nenek dan saudaranya," tutur seorang sumber yang dengan suami Meghan Markle, kepada media ini.

Sang sumber menambahkan, "Itu adalah masa untuk fokus kepada keluarga."

2 dari 5 halaman

Tak Dibahas

Pangeran Charles dan Ratu Elizabeth II (Yui Mok/PA via AP, File)
Perbesar
Pangeran Charles dan Ratu Elizabeth II (Yui Mok/PA via AP, File)

Sumber dari dalam istana menyatakan bahwa isu antara Pangeran Harry dan keluarga kerajaan bahkan tidak dibahas sama sekali. Namun, kebersamaan Pangeran Harry dengan sang kakak dan ayahnya, membuat kebekuan yang ada mulai meleleh, membuka peluang untuk berbicara pada masa mendatang.

"Keluarga ini mengesampingkan masalah mereka untuk fokus kepada hal yang penting," kata sang sumber.

3 dari 5 halaman

Berjalan Bersama

Pangeran William dan Pangeran Harry
Perbesar
Pangeran William, Duke of Cambridge (kiri) dan Pangeran Harry, Duke of Sussex saat hadir di prosesi pemakaman Pangeran Philip, Duke of Edinburgh di Kapel St George di Kastil Windsor di Windsor, London, pada 17 April 2021. (ALASTAIR GRANT / AFP / POOL).

Setelah pemakaman sang kakek, Pangeran Harry sempat terlihat berjalan bersama Pangeran William dan Kate Middleton. Bahkan ibu tiga anak ini kemudian mundur dan berjalan bersama anggota keluarga yang lain, memberi waktu untuk kakak beradik ini bicara bersama.

Seorang sahabat dari keluarga bangsawan Inggris, merespons hal ini bisa menjadi awal yang baik, tapi masih tetap harus disikapi dengan hati-hati.

4 dari 5 halaman

Berakar Dalam

Harry dan William Disebut Habiskan 2 Jam Bersama Usai Pemakaman Pangeran Philip
Perbesar
Pangeran William dan Pangeran Harry berjalan di belakang peti Pangeran Philip dalam prosesi pemakaman di Windsor, Inggris, Sabtu (17/4/2021). (dok Victoria Jones / POOL / AFP)

"Kurasa ini adalah awal yang baik dan sungguh menyenangkan melihat ini, tapi keseluruhan gesekan ini berakar sangat dalam, sehingga kurasa tak bisa diselesaikan secara instan," kata dia, seperti diwartakan People.

Ia menambahkan, "Di keluarga itu, sesuatu bisa sedikit membaik tapi kemudian agak mundur lagi."

5 dari 5 halaman

Sempat Temani Nenek

Pangeran Harry memang sudah kembali ke Amerika Serikat sehari sebelum neneknya berulang tahun. Namun sebelumnya, ia sempat berada di sisi Ratu Elizabeth II. Sang sumber mengatakan Pangeran Harry menemani neneknya dalam dua kesempatan.

Ia juga sempat mengunjungi sepupunya, Putri Eugenie, yang baru melahirkan.

Lanjutkan Membaca ↓