Sukses

Perasaan Virgoun saat Kolaborasi Bareng Budi Doremi, Last Child, Caitlin Halderman

Virgoun merasa proyek ini berbeda dan belum pernah ada.

Liputan6.com, Jakarta Mendengar sosok Virgoun banyak orang yang kemudian bakal menagih kelanjutan cerita dari Hema dan Starla dari universe project Surat Cinta Untuk Starla. Para penggemar mereka berdua, harus bersabar lebih lama menunggu kelanjutan ceritanya, karena di awal tahun 2021 ini, dr.m justru membuat sesuatu yang (lagi-lagi) berbeda; sebuah universe baru; terobosan lainnya di industri musik tanah air. 

Adalah Aku Dan Mesin Waktu; sebuah project film pendek yang terinspirasi tidak hanya dari 1 lagu dari 1 musisi, tapi kali ini tidak tanggung-tanggung, terinspirasi dari 4 lagu dari 4 musisi yaitu Budi Doremi, Last Child, Caitlin Halderman, dan juga tentunya Virgoun sendiri.

Berjalan sedikit ke masa lalu, nama dr.m memang sering di identikan dengan project-project terkait lagu yang menorehkan banyak kesan mendalam bagi para penikmatnya. Sebut saja project-project film pendek dan music video seperti “Seluruh Nafas Ini” (2013), “Surat Cinta Untuk Starla” (2017), “Bukti” (2018), dan sebuah song series 3 lagu 1 cerita “Meski Lewat Luka” (2018). Banyak yang mengatakan bahwa project-project ini adalah terobosan-terobosan menarik pada masanya.

“Menurut gue di Indonesia ini belum pernah ada project yang kayak gini ya. Biasanya kan gue sama lagu sendiri. Kali ini gak cuma gue, tapi Budi, Caitlin, dan band gue; Last Child ikut juga. Jadi waktu dr.m ngegodok idenya tahun lalu, gw seneng banget. Yok, jadiin. Bakal seru nih, hahaha!,” ujar Virgoun dalam keterangan tertulisnya, baru-baru ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tantangan

Project kali ini menjadi jauh lebih menarik karena memiliki tantangan kompleks, di mana jalan cerita dari short movie dan lagu-lagu dari keempat musisi tersebut harus saling mengisi, melengkapi menjadi sesuatu yang tidak terpisahkan. 

Proses kreatif dimulai dari Oktober tahun 2020 lalu, berawal dari ide besar memberikan sesuatu yang beda, nafas baru di perhelatan musik tanah air. Maka, berangkat dari sebuah premis cerita dan pembabakan 4 episode, di mana masing-masing musisi diberikan tantangan menciptakan karya baru yang menggambarkan rasa dari masing-masing episode tersebut. Melalui beberapa rangkaian workshop dan song-writers camp di Bandung, lahirlah tidak hanya 4 tapi 7 karya baru; 4 lagu menjadi soundtrack utama, dan 3 sisanya menjadi lagu pendukung.

 

3 dari 5 halaman

Film Pendek

Proses kreatif berikutnya adalah meminang production house, juga para pemain utama yang akan berlaga di short movie-nya. Adalah Upie Guava; yang setelah sukses memberi hidup di short movie Seluruh Nafas Ini, juga Surat Cinta Untuk Starla; kembali dipercaya untuk misi besar ini. Lalu Refal Hady, Fero Walandouw, dan tentunya Caitlin Halderman berhasil lolos seleksi dan didaulat untuk beradu peran dan rasa sebagai Rama, Bara, juga Sukma; tiga tokoh kunci dari project Aku Dan Mesin Waktu ini. 

Virgoun, dengan lagu berjudul Orang Yang Sama terpilih sebagai salah satu amunisi dari project ini. Setelah kesuksesannya dengan Surat Cinta Untuk Starla, Bukti dan beberapa single lainnya yang masih mencetak puluhan bahkan ratusan juta penonton sampai saat ini, Virgoun kembali hadir menjawab kerinduan orang-orang pada karya barunya. 

 

4 dari 5 halaman

Penasaran

Tidak hanya itu, Virgoun juga menjawab rasa penasaran penggemarnya perihal bunyi-bunyian apalagi yang akan ada di karya barunya, setelah bunyi mesin tik di Surat Cinta Untuk Starla, dan torehan pensil di lagu Bukti. Bunyi apakah itu? Tampaknya ini akan terjawab setelah mendengarkan langsung Orang Yang Sama. 

“Buat karya baru gw di project besar ini, ada Orang Yang Sama; tentang gimana seseorang, walaupun diterpa badai kehidupan, bahkan sampai istilahnya dunia meminta pasangannya untuk pergi meninggalkan, tetap saja bisa merasakan jatuh cinta berulang kali pada orang yang sama. Dalem ye, haha. Kebetulan lagu

ini spesial buat gw; karena menandai umur pernikahan gw dan istri yang ke-6. Persis banget lagunya, gw berasa jatuh cinta berulang kali ke orang yang sama,” lanjut Virgoun.

 

5 dari 5 halaman

Harapan

Dengan lirik lugas dan seperti biasa memiliki makna yang dalam, harapannya Orang Yang Sama bisa relate kepada siapapun yang memang ingin memberikan penghargaan atau pujian pada pasangannya, atas kesetian dan kebersamaannya selama ini. 

Satu hal menarik lainnya dari, di project ini, untuk kali pertama Virgoun berkolaborasi dengan Budi Doremi untuk melahirkan sebuah karya sebagai salah satu senjata lainnya. Lagu berjudul Apa Ini Cinta lahir, jauh dari area nyaman mereka berdua dalam berkarya; sebuah warna musik yang bisa dikatakan tidak terduga dari mereka. Caitlin Halderman pun dipinang dan sukses membawakan karya satu ini.

“Gw harap, project besar gw, dr.m, Last Child, Budi, Caitlin juga Refal dan Fero ini bisa diterima sama siapapun yang kangen sama project gw dan dr.m ya. Insha Allah pada suka, trending, dan terus ditonton sampai seterusnya, amin amin amin YRA,” tutup Virgoun penuh harap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.