Sukses

Inilah 6 Peraih Penghargaan Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021, Perjuangan dan Aksi Nyata Mereka Sesuai dengan Gagasan Semangat Kartini

Dinamakan Anugerah Perempuan Hebat Indonesia karena para pemenang bisa memberikan contoh, semangat, sekaligus inpirasi kepada seluruh perempuan di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021 pada Rabu (21/4/2021) siang menjadi gelaran tahun ketiga yang diselenggarakan oleh Liputan6.com. Tujuan acara ini untuk mengapresiasi perempuan Indonesia yang telah berkontribusi positif terhadap lingkungan dan masyarakat hingga berdampak memajukan bangsa Indonesia.

Telah disepakati bersama bahwa bentuk apresiasi ini dinamakan sebagai aksi Perempuan Hebat Indonesia. Pasalnya, mereka yang terpilih bisa memberikan contoh, semangat, sekaligus inpirasi kepada seluruh perempuan di Indonesia.

Tim juri yang diketuai Pemred Liputan6.com Irna Gustiawati menyampaikan latar belakang sekaligus alasan dipilihnya nama-nama penerima Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021 yang diselenggarakan oleh Liputan6.com bersama KLY (KapanLagi Youniverse) ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Sesuai Gagasan Kartini

"Perjuangan serta aksi nyata Perempuan Hebat Indonesia yang terpilih ini sangat sesuai dengan pemikiran dan gagasan Kartini yang tak lekang dimakan zaman," kata Irna Gustiawati.

Kartini adalah perempuan yang pikiran-pikirannya melampaui zamannya. Pemikiran, gagasan dan perjuangan Kartini akan selalu relevan dan masih menjadi PR karena isu-isu yang diangkatnya dahulu, hingga kini masih terus berjalan.

"Kita lihat saja masih banyaknya perempuan yang menjadi korban sikap feodal seperti isu pernikahan anak, isu pengakuan untuk pekerja rumah tangga sebagai golongan pekerja, kekerasan dalam rumah tangga, dan yang tak kalah menakutkan adalah perempuan yang menjadi korban human trafficking (perdagangan manusia)," ujarnya.

 

3 dari 6 halaman

Diakui Nusantara

Nasionalisme serta intelektualitas Kartini juga diakui oleh kaum pergerakan selama masa penjajahan Belanda, tepatnya pada periode awal Kebangkitan Nasional.

Tjipto Mangoenkoesumo, seorang Pahlawan Nasional, mengagumi kedalaman pikiran Kartini yang memiliki kesamaan dan semangat sama seperti dirinya, yaitu untuk bisa bebas dari penjajahan dan feodalisme.

Tjipto lalu mendirikan kelompok diskusi bernama Raden Ajeng Kartini Club di Surabaya pada tanggal 3 September 1912.

Sastrawan besar Pramoedya Ananta Toer juga mengagumi intelektualitas Kartini dan sikap egaliternya. Sampai-sampai, Pramoedya membuat buku "Panggil Aku Kartini Saja", yang menyiratkan Kartini selama ini meminta namanya tak ditambahi embel-embel ningratnya, Raden Ajeng.

 

4 dari 6 halaman

Enam Pemenang

Tim juri telah melakukan audiensi dengan berbagai kalangan sebelum menentukan 6 Perempuan Hebat Indonesia 2021 baik dari organisasi keperempuanan, sukarelawan, kementerian, hingga akademisi.

Di tengah kondisi bangsa yang sedang berjuang melawan Covid-19, para Perempuan Hebat ini tidak berhenti untuk berkarya dan berjuang bagi masyarakat dan lingkungannya.

Keenam nama pilihan Perempuan Hebat Indonesia 2021 adalah:

1. Erni Suyanti Musabiine – Pegiat Konservasi Harimau Sumatra

2. Yustitia Arief – Pegiat Kesetaraan untuk Disabilitas

3. dr. RA Adaninggar, SpPD – Pegiat Edukasi Lawan Hoaks Covid-19

4. Suci Apriani – Pegiat Edukasi Cegah Pernikahan Dini

5. Lidya Angelina – Pegiat UMKM dan Ekonomi Kreatif

6. dr. Ariani – Pegiat Plasma Konvalesen untuk Lawan Covid-19

 

5 dari 6 halaman

Penghargaan Khusus

Dalam kesempatan ini, tim juri juga memberikan penghargaan khusus untuk sosok-sosok inspiratif yang sudah tidak diragukan lagi kerja, karya dan prestasinya. Penghargaan khusus diberikan untuk sosok-sosok berikut ini:

1. Retno Marsudi, Tokoh Perempuan Inspiratif

2. Sri Mulyani Indrawati, Tokoh Perempuan Inspiratif

3. I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Tokoh Perempuan Inspiratif

4. Handayani, Tokoh Perempuan Inspiratif

5. Hasto Wardoyo, Tokoh Indonesia Bebas Stunting

Selain Perempuan Hebat dan sosok-sosok inspiratif, keterlibatan swasta dalam membantu penanggulangan Covid-19 di Indonesia juga memiliki peran yang besar. Pihak-pihak yang sudah memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat dan bangsa Indonesia ini patut mendapatkan apresiasi.

Penghargaan untuk perusahaan yang peduli terhadap masyarakat di tengah pandemi Covid-19, diberikan kepada:

1. OPPO, Brand Peduli Indonesia

2. KPR BRI, Brand Penyedia Solusi di Tengah Pandemi

 

6 dari 6 halaman

Bisa Memberi Dampak Positif

Liputan6.com berharap apresiasi di acara Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021 dapat memberikan dampak positif bagi penerima dan masyarakat. Serta menjadi penyemangat untuk kita selalu berkarya meskipun masih menghadapi Pandemi Corona.

"Akhir kata, selamat untuk para penerima penghargaan. Mari kita semua berdoa semoga bangsa Indonesia selalu dikuatkan dan segera terlepas dari pandemi Covid-19," kata Irna Gustiawati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.