Menteri PPPA, I Gusti Ayu Bintang Darmawati Soroti Pernikahan Anak di Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021

Oleh Ruly Riantrisnanto pada 21 Apr 2021, 14:00 WIB
Diperbarui 21 Apr 2021, 14:00 WIB
Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmavati
Perbesar
Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmavati di Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021. (Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak atau Menteri PPPA Republik Indonesia, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, hadir sebagai pembicara kunci dalam Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021.

I Gusti Ayu Bintang Darmawati menyoroti pernikahan anak dan menanamkan pengertian agar masyarakat Indonesia sebisa mungkin menghindari perkawinan muda.

I Gusti Ayu Bintang Darmawati juga mengingatkan pentingnya peran perempuan dalam acara yang digelar live streaming oleh Liputan6.com di Hari Kartini 2021 pada Rabu (21/4/2021).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Singgung Risiko Pernikahan Anak

I Gusti Ayu Bintang Darmavati
Perbesar
Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmavati (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Awalnya, I Gusti Ayu Bintang Darmawati membahas tantangan pemerintah untuk bisa bangkit di masa pemulihan akibat pandemi Covid-19, khususnya dari aspek kesehatan dan ekonomi. Setelah itu, isu pernikahan anak disorot.

"Di samping krisis kesehatan dan ekonomi yang harus segera diatasi, anak-anak Indonesia menghadapi risiko terjerat praktik perkawinan anak. Risiko ini menjadi lebih besar bagi anak perempuan," ujarnya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Rentan Kekerasan

Tak hanya itu, I Gusti Ayu Bintang Darmawati juga menyorot kekerasan terhadap perempuan, diskriminasi gender, penomorduaan posisi perempuan, hingga kondisi perempuan yang mengalami beban ganda.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Keterlibatan Perempuan

Pada akhir pembicaraan, I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengingatkan kembali bahwa perempuan Indonesia memiliki peran krusial. Terlebih selama pandemi, banyak perempuan yang terlibat dalam proses pemulihan.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Acara Tahunan

Anugerah Perempuan Hebat Indonesia adalah acara tahunan yang digelar sejak 2016 oleh Liputan6.com. Media daring besar di bawah EMTEK Group tersebut menggelar acara di Hari Kartini 2021 dengan tajuk "Tetap Hebat di Masa Pandemi."

Puncak penghargaan digelar pada Rabu, 21 April 2021, mulai pukul 11.00 hingga 13.30 WIB. Program ini diisi dengan gelar wicara inspiratif dan hiburan. Hadir Virzha, penyanyi muda yang diidolakan banyak orang sebagai salah satu penampil.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Gelar Wicara Menarik

Salah satu segmen menarik dalam Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021 yakni gelar wicara. Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG memandu diskusi soal perempuan dan kiprah mereka.

Lanjutkan Membaca ↓