Sukses

Menteri PPPA, I Gusti Ayu Bintang Darmawati Soroti Pernikahan Anak di Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021

Di Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021, I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengingatkan betapa pentingnya peran perempuan selama ini.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak atau Menteri PPPA Republik Indonesia, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, hadir sebagai pembicara kunci dalam Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021.

I Gusti Ayu Bintang Darmawati menyoroti pernikahan anak dan menanamkan pengertian agar masyarakat Indonesia sebisa mungkin menghindari perkawinan muda.

I Gusti Ayu Bintang Darmawati juga mengingatkan pentingnya peran perempuan dalam acara yang digelar live streaming oleh Liputan6.com di Hari Kartini 2021 pada Rabu (21/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Singgung Risiko Pernikahan Anak

Awalnya, I Gusti Ayu Bintang Darmawati membahas tantangan pemerintah untuk bisa bangkit di masa pemulihan akibat pandemi Covid-19, khususnya dari aspek kesehatan dan ekonomi. Setelah itu, isu pernikahan anak disorot.

"Di samping krisis kesehatan dan ekonomi yang harus segera diatasi, anak-anak Indonesia menghadapi risiko terjerat praktik perkawinan anak. Risiko ini menjadi lebih besar bagi anak perempuan," ujarnya.

3 dari 6 halaman

Rentan Kekerasan

Tak hanya itu, I Gusti Ayu Bintang Darmawati juga menyorot kekerasan terhadap perempuan, diskriminasi gender, penomorduaan posisi perempuan, hingga kondisi perempuan yang mengalami beban ganda.

 

4 dari 6 halaman

Keterlibatan Perempuan

Pada akhir pembicaraan, I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengingatkan kembali bahwa perempuan Indonesia memiliki peran krusial. Terlebih selama pandemi, banyak perempuan yang terlibat dalam proses pemulihan.

 

5 dari 6 halaman

Acara Tahunan

Anugerah Perempuan Hebat Indonesia adalah acara tahunan yang digelar sejak 2016 oleh Liputan6.com. Media daring besar di bawah EMTEK Group tersebut menggelar acara di Hari Kartini 2021 dengan tajuk "Tetap Hebat di Masa Pandemi."

Puncak penghargaan digelar pada Rabu, 21 April 2021, mulai pukul 11.00 hingga 13.30 WIB. Program ini diisi dengan gelar wicara inspiratif dan hiburan. Hadir Virzha, penyanyi muda yang diidolakan banyak orang sebagai salah satu penampil.

 

6 dari 6 halaman

Gelar Wicara Menarik

Salah satu segmen menarik dalam Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021 yakni gelar wicara. Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG memandu diskusi soal perempuan dan kiprah mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.