Sukses

Tamu Piala Oscar 2021 Dikabarkan Tak Perlu Pakai Masker Saat Siaran Langsung

Namun ada perkecualian soal masker ini pada Piala Oscar 2021.

Liputan6.com, Los Angeles - Sebuah detail baru mengenai penyelenggaraan Piala Oscar 2021 dilaporkan oleh Variety. Selasa (20/4/2021), media hiburan ternama ini melaporkan bahwa The Academy tak meminta tamu yang hadir untuk mengenakan masker saat siaran langsung yang akan dihelat 26 April 2021 waktu Indonesia.

Hal ini disampaikan dalam rapat daring antara perwakilan penyelenggara Oscar, para nomine, pihak studio, dan publisis.

Alasannya, perhelatan Academy Awards 2021 ini dianggap sebagai produksi TV atau film, sehingga orang-orang yang tampil di depan kamera tak perlu mengenakan masker.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Dipakai Saat Jeda Iklan

Namun ada perkecualian saat para tamu tak disorot kamera. Contohnya saat jeda iklan di tengah siaran langsung, para tamu akan diminta untuk kembali mengenakan masker.

Salah satu produser Oscar, Steven Soderbergh, tutup mulut soal aturan memakai masker dalam konferensi pers Sabtu lalu. Ia hanya mengatakan bahwa masker akan memiliki peran penting dalam hal ini.

"Bila ini [terasa] misterius, memang dimaksudkan seperti itu...Topik itu adalah hal sentral dalam narasinya," kata dia.

3 dari 5 halaman

Bergantian

Kondisi pandemi Covid-19 juga membuat pengaturan di venue akan lebih rumit dari sebelumnya.

Kapasitas hadirin di acara ini dibatasi hanya 170 orang. Para hadirin akan bergantian untuk berada di dalam ruangan seremoni. Saat para tamu tiba di lokasi penyelenggaraan Oscar, Union Station di Los Angeles, masing-masing nomine akan menerima catatan kapan mereka berada di dalam, dan juga di luar.

4 dari 5 halaman

Tiga Kali Tes

Selain soal masker, dalam rapat daring ini juga dijelaskan apa yang harus dilakukan para tamu saat tiba di lokasi acara. Salah satunya adalah cek suhu.

Mereka juga disyaratkan untuk menjalani setidaknya tiga tes Covid-19 beberapa hari mendekati waktu pelaksanaan event prestisius ini.

5 dari 5 halaman

Mundur 2 Bulan

Sebagai catatan perhelatan Piala Oscar 2021 mundur dua bulan dari jadwal seharusnya karena pandemi. Awalnya acara tahunan ini diduga akan digelar secara daring, tapi Maret lalu diumumkan bahwa penyelenggaraannya dilakukan secara offline. 

"Untuk mereka yang tidak bisa hadir karena jadwal atau karena masih tidak nyaman bepergian, kami ingin kalian tahu bahwa tak ada pilihan untuk hadir via Zoom di acara ini," begitu pengumuman penyelenggara, bila ada tamu yang berhalangan hadir. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.