Ade Fitrie Kirana Bagikan Tips Sehat dan Bugar Saat Berpuasa Selama Ramadhan

Oleh Hernowo Anggie pada 22 Apr 2021, 08:32 WIB
Diperbarui 22 Apr 2021, 12:31 WIB
Ade Fitrie Kirana (ist)
Perbesar
Ade Fitrie Kirana (ist)

Liputan6.com, Jakarta Ramadhan merupakan bulan yang tepat untuk menambah kualitas keimanan terhadap Allah SWT. Di bulan ini, ada kewajiban berpuasa bagi umat Islam di penjuru dunia. Puasa, diyakini tak cuma mempertebal keimanan dan menjaga kualitas ibadah.

Menahan makan dan minum selama 12 jam selama puasa, diyakini juga sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Ade Fitrie Kirana, selebritis yang juga pengusaha kecantikan, sudah menguji banyak manfaat puasa bagi metabolisme tubuh.

Karena itu, Ade Fitrie Kirana berkeinginan agar puasa tak dijadikan halangan dan hambatan untuk beraktifitas. Ia membagikan tips berpuasa lancar tak cuma demi mempertebal keimanan atas perintah Allah SWT, tapi juga memperbaiki metabolisme tubuh.

 

 

2 dari 7 halaman

1. Minum Air yang Cukup

Ade Fitrie Kirana (ist)
Perbesar
Ade Fitrie Kirana (ist)

Sebagian besar tubuh kita terdiri dari air. Saat berpuasa, tentunya tubuh rentan terkena dehidrasi. Pastikan tetap mengkonsumsi setidaknya 6-8 gelas air putih dari saat buka hingga sahur supaya kondisi badan tetap fit dan terhindar dari risiko dehidrasi.

 

3 dari 7 halaman

2. Hindari Makanan Manis dan Berminyak

Ade Fitrie Kirana (ist)
Perbesar
Ade Fitrie Kirana (ist)

Meskipun disarankan untuk mengonsumsi makanan manis saat berbuka puasa, kita harus tetap membatasi diri agar tidak mengonsumsi gula berlebihan. Hal ini karena gula mengandung kalori yang cukup tinggi dan makanan berminyak atau berlemak juga dapat menyebabkan asam lambung. Jadi, sebaiknya hindari kedua jenis makanan tersebut terutama di bulan puasa baik saat sahur maupun berbuka.

 

4 dari 7 halaman

3. Tidur Cukup

Ade Fitrie Kirana (ist)
Perbesar
Ade Fitrie Kirana (ist)

Bulan Ramadhan biasanya merubah waktu tidur kita, karena harus bangun lebih awal untuk sahur. Namun, kita harus tetap memiliki waktu tidur yang cukup agar tetap segar dalam melakukan aktivitas seharian.

Kekurangan tidur akan mempengaruhi nafsu makan, kondisi badan, dan kinerja otak. Sebaiknya, tidur lebih awal di waktu malam agar bisa bangun lebih awal sebelum sahur sehingga kita tetap memiliki waktu tidur yang cukup.

 

 

5 dari 7 halaman

4. Tetap Lakukan Aktivitas Fisik

Ade Fitrie Kirana (ist)
Perbesar
Ade Fitrie Kirana (ist)

Menjalankan ibadah puasa bukan alasan untuk bermalas-malasan dan berdiam diri. Melakukan aktivitas fisik tetap penting untuk menjaga proses metabolisme tubuh kita. Baiknya olahraga dilakukan menjelang waktu berbuka puasa.

 

6 dari 7 halaman

5. Tambah Asupan Vitamin

Ade Fitrie Kirana (ist)
Perbesar
Ade Fitrie Kirana (ist)

Pemilihan asupan gizi yang tepat akan sangat mempengaruhi energi sepanjang hari. Tidak terkecuali konsumsi suplemen dan madu.

Selain berbagi tips sehat selama berpuasa, Ade Fitrie Kirana juga menyarankan produk madu asli yang sangat membantu menjaga imunitas tubuhnya, yaitu AFK Honey Bee sebagai asupan tambahan yang dapat meningkatkan imunitas saat melakukan ibadah puasa.

 

7 dari 7 halaman

6. Agar Puasa Lebih Optimal

Ade Fitrie Kirana (ist)
Perbesar
Ade Fitrie Kirana (ist)

AFK Honey Bee sendiri merupakan madu hutan asli yang sangat baik untuk menyehatkan kulit, wajah dan juga bibir, serta dapat mengobati berbagai macam penyakit, seperti anemia, darah rendah, darah tinggi dan rematik.

"AFK Honey Bee tersedia dalam tiga varian, Madu Sumbawa Super, Madu Klanceng Mauni, dan Madu Sumbawa Putih. Ketiga varian madu ini memiliki manfaat berbeda, namun ketiga madu ini sama bagusnya untuk mengoptimalkan kondisi tubuh agar lebih kuat melaksanakan ibadah puasa," dia menuturkan.

Lanjutkan Membaca ↓