Ratu Elizabeth II Selipkan Surat di Peti Mati Pangeran Philip, Bertuliskan I Love You

Oleh Ratnaning Asih pada 19 Apr 2021, 10:30 WIB
Diperbarui 19 Apr 2021, 21:32 WIB
Ratu Elizabeth II dalam pemakaman Pangeran Philip. (Johnathan Buckmaster/Pool via AP)
Perbesar
Ratu Elizabeth II dalam pemakaman Pangeran Philip. (Johnathan Buckmaster/Pool via AP)

Liputan6.com, London - Ratu Elizabeth II kini telah benar benar berpisah secara fisik dengan Pangeran Philip, belahan jiwa yang menemaninya selama lebih dari 73 tahun. Sang suami dimakamkan dalam prosesi yang digelar di Kapel St. George di Kastil Windsor pada 17 April 2021.

Ada sejumlah kepingan momen mengharukan yang tertinggal dari upacara ini. Salah satunya adalah surat yang diselipkan sang Ratu Inggris di peti mati suaminya.

Dilansir dari People, Senin (19/4/2021), sepucuk surat terselip di atas peti mati Duke of Edinburgh, yang ditandatangani oleh 'Lilibet'. Ini, adalah nama kecil dari ibunda Pangeran Charles.

2 dari 5 halaman

Orang Terakhir

Melihat Prosesi Pemakaman Pangeran Philip
Perbesar
Ratu Elizabeth dari Inggris menyaksikan para pengusung jenazah membawa peti mati Pangeran Philip selama pemakamannya di Kapel St George di Kastil Windsor, Windsor, Inggris, Sabtu (17/4/2021). (Dominic Lipinski/Pool via AP)

Hal lain yang makin membuat terharu, Pangeran Philip diduga merupakan orang yang terakhir memanggil Ratu Elizabeth dengan nama kecilnya.

Terkait isi surat sang Ratu, pihak Istana enggan berkomentar karena hal ini bersifat privat.

3 dari 5 halaman

I Love You

Ratu Elizabeth II dalam pemakaman Pangeran Philip. (Victoria Jones/Pool via AP)
Perbesar
Ratu Elizabeth II dalam pemakaman Pangeran Philip. (Victoria Jones/Pool via AP)

Meski begitu, E! News mencatat bahwa bagian surat ini sempat tersorot kamera, memperlihatkan petikan isinya bertuliskan, "I love you (aku mencintaimu)."

Surat sebagai komunikasi pasangan ini memiliki nilai sentimental. Pasalnya, dengan cara inilah keduanya berkomunikasi saat awal menjalin kasih.

4 dari 5 halaman

Duduk Sendiri

Melihat Prosesi Pemakaman Pangeran Philip
Perbesar
Ratu Inggris Elizabeth II duduk sendirian di Kapel St.George saat pemakaman Pangeran Philip, pria yang telah mendampinginya selama 73 tahun, di Kastil Windsor, Windsor, Inggris, Sabtu (17/4/2021). (Jonathan Brady/Pool via AP)

Di luar soal surat ini, ada sebuah foto Ratu Elizabeth II dalam pemakaman yang menjadi viral. Yakni potret yang memperlihatkan Ratu Elizabeth II duduk sendirian dalam prosesi pemakaman ini.

Pasalnya, upacaranya digelar sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku di Inggris.

5 dari 5 halaman

Diantar Anak Cucu

Prosesi pemakaman Pangeran Philip sendiri dilaksanakan secara sederhana dan relatif singkat. Peti mati Pangeran Philip diantar dengan Land Rover dan diikuti oleh para putri dan pangeran. Empat anak Pangeran Philip berjalan di depan. Pangeran Charles dan Putri Anne paling depan, kemudian diikuti Pangeran Edward dan Andrew.

Begitu proses pemakaman Pangeran Philip selesai, anggota keluarga kerajaan langsung meninggalkan St. George's Chapel.

Lanjutkan Membaca ↓