Lucinta Luna Minta Maaf Atas Video Atraksi dengan Lumba-Lumba yang Menuai Protes

Oleh Surya Hadiansyah pada 16 Apr 2021, 19:30 WIB
Diperbarui 16 Apr 2021, 19:30 WIB
Dituding Lakukan Kejahatan Terhadap Hewan, Video Lucinta Luna Viral
Perbesar
Lucinta Luna berenang bersama Lumba-lumba (Sumber: Instagram/davinaveronica)

Liputan6.com, Jakarta - Nama Lucinta Luna kembali menjadi sorotan wartanet. Kali ini gara-gara video di kanal YouTube-nya saat berkunjung ke penangkaran lumba-lumba di Bali.

Dalam video tersebut, Lucinta Luna dan timnya berkesempatan berenang langsung bersama lumba-lumba. Tak hanya itu saja, ada "atraksi" yang dilakukan Lucinta Luna dengan lumba-lumba.

Dalam video tersebut, tampak si lumba-lumba berenang terbalik sambil menarik Lucinta Luna yang berpegangan ke sirip lumba-lumba tersebut. Hal inilah yang kemudian menghadirkan banyak gelombang protes dari berbagai kalangan.

2 dari 5 halaman

Tanggapan

Lucinta Luna Minta Maaf Atas Video Atraksi dengan Lumba-Lumba yang Banyak Tuai Protes
Perbesar
Lucinta Luna Minta Maaf Atas Video Atraksi dengan Lumba-Lumba yang Banyak Tuai Protes. (instagram.com/lucintaluna_manjalita)

Terkait protes-protes tersebut, Lucinta Luna kemudian memberikan klarifikasi melalui unggahan di Instgram Story-nya. Lucinta Luna mengatakan bahwa pihaknya hanya memenuhi undangan tersebut, sekaligus untuk membantu pariwisata Bali selama pandemi Covid-19.

"Terkait video konten YouTube Lucinta Luna Manjalita tentang lumba-lumba, jadi tim Halucinta Genk kemarin diundang ke penangkaran lumba-lumba. Kami sangat senang diundang untuk belajar tentang lumba-lumba serta melihat langsung lumba-lumba di penangkarannya," tulis Lucinta Luna.

"Tujuan kami membantu pariwisata Bali yang terkena dampak corona. Kami juga menanyakan izinnya dan dijelasin sama pihak sana kalau ini berizin (BKSDA)," sambungnya.

3 dari 5 halaman

Penjelasan

Davina Veronica - Lucinta Luna (Foto: Instagram/@davinaveronica)
Perbesar
Davina Veronica - Lucinta Luna (Foto: Instagram/@davinaveronica)

Lebih lanjut, Lucinta Luna juga menjelaskan terkait asal lumba-lumba yang ada di penangkaran tersebut. Dari penjelasannya, lumba-lumba di sana bukanlah mamalia laut yang ditangkap dan diburu secara sengaja.

"Lokasinya di lautan, di Sanur. Kalau ini tadi di tempat sirkus, kami pun pasti menolak. Jadi lumba-lumba di sana itu lumba-lumba yang didapat seperti lumba-lumba tersesat terpisah dari grupnya, terdampar, atau yang terluka. Lalu di-rescue dan diletakkan di sini. Mrk info semua berijin kok," beber Lucinta Luna.

4 dari 5 halaman

Tak Menyangka

Lucinta Luna (Foto: Instagram/@lucintaluna)
Perbesar
Lucinta Luna (Foto: Instagram/@lucintaluna)

Sementara itu, terkait aksinya yang menaiki lumba-lumba itu, Lucinta Luna juga memberikan alasan. Dari pengakuannya, Lucinta Luna semula tidak mengetahui bahwa akan ada adegan seperti itu.

"Awalnya qt ga tau. kirain cm komunikasi lgsg dg lumba2. ngasi makan. dan bermain spt biasa tnyta ada adegan kami dibawa oleh lumba2. klo itu kami sadari mmg kmi yg salah mau ikutan," jelas Lucinta Luna.

5 dari 5 halaman

Minta Maaf

Lucinta Luna. (Foto: Instagram @lucintaluna_manjalita)
Perbesar
Lucinta Luna. (Foto: Instagram @lucintaluna_manjalita)

Dari situ Lucinta Luna kemudian meminta maaf kepada beberapa pihak yang belakangan protes. Ia berjanji ke depannya hal serupa tidak akan terulang lagi.

“Kami mohon maaf kpd smw. Kpd Ibu Susi Pudjiastuti. Aktivis, pecinta hewan serta semuanya, kmi janji ga akan mengulangi lg. Sbnrnya kami smw penyanyang binatang tp dlm hal ini kami teledor dan jujur baru menyadari skrg," tutup Lucinta Luna.

Lanjutkan Membaca ↓