Sukses

Syekh Muhammad Jaber Ungkap Anjuran Rasulullah SAW, Kenakan Pakaian Terbaik Saat Ramadhan

Saat bulan Ramadhan tiba, para sahabat Rasulullah SAW mengenakan pakaian terbaik yang mereka miliki.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai seorang tokoh agama, kesibukan Syekh Muhammad Jaber dalam bulan Ramadhan semakin meningkat. Untuk itu, ia menyiapkan amunisi khusus: pakaian putih-putih.

"Ini persiapan saya di bulan Ramadhan, amunisi saya untuk ceramah dan sholat terawih," tutur adik mendiang Syekh Ali Jaber ini dalam unggahannya di Instagram, Rabu (14/4/2021) lalu.

Selain memperlihatkan foto pakaian yang tengah digantung, ia juga menyampaikan satu nasihat terkait teladan Nabi Muhammad SAW kala memasuki bulan puasa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pakaian Terbaik

"Sebagaimana para salafusshaleh ketika datang bulan Ramadhan mereka setiap hari memakai pakaian yang terbaik.Rasulullah ﷺ menganjurkan kita untuk berpakaian yang terbaik, memakai baju terbaik, sandal terbaik," tulis Syekh Muhammad Jaber.

3 dari 5 halaman

Bagaimana dengan Kesombongan?

Selanjutnya, ia mengungkap hadis tentang kesombongan dan mengenakan pakaian bagus.

Tidak akan masuk surga seseorang yang di dalam hatinya terdapat kesombongan sebesar biji dzarroh.” Ada seseorang yang bertanya, “Bagaimana dengan seorang yang suka memakai baju dan sandal yang bagus?” Beliau menjawab, “Sesungguhnya Allah itu Maha Indah dan menyukai keindahan. Sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain.“ (HR. Muslim)," ia menuturkan.

4 dari 5 halaman

Bentuk Kecintaan

Karena itu, Syekh Muhammad Jaber menyampaikan bahwa mengenakan pakaian bagus, rapi, dan bersih, sebenarnya bukan bagian dari kesombongan.

"Itu adalah bukti kecintaan kita terhadap Allah karena kita menghadap Allah dengan keadaan bersih, rapih, dan wangi. Semoga Allah menerima amalan-amalan kita di bulan Ramadhan. Aamiin," tulisnya,

5 dari 5 halaman

Soal Baju Syekh

Pada ujung unggahannya, ia menyertakan kalimat bernada canda.

"Ada teman yang bertanya, syekh kok bajunya satu gak ganti ganti? Ganti dong, tapi gak kelihatan karena rata2 putih semua, dan ada beberapa motif juga, Alhamdulillah," tulisnya, disertai emotikon tawa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.