Ratu Elizabeth II Sudah Kembali Bekerja, Empat Hari Setelah Pangeran Philip Meninggal Dunia

Oleh Ratnaning Asih pada 14 Apr 2021, 18:30 WIB
Diperbarui 14 Apr 2021, 18:30 WIB
Pangeran Philip bersama Ratu Elizabeth II
Perbesar
Pangeran Andrew mengungkap bahwa kematian Pangeran Philip menyisakan lubang kosong dalam hati Ratu Elizabeth II. (Fiona Hanson/PA via AP)

Liputan6.com, London - Kehilangan Pangeran Philip, sosok yang telah menemaninya lebih dari tujuh dekade, tentu menjadi pukulan berat bagi Ratu Elizabeth II. Namun sang Ratu Inggris meneguhkan hati untuk menjalankan tugas kenegaraan, hanya beberapa hari setelah sang suami berpulang untuk selamanya.

Dilansir dari E! News, Rabu (14/4/2021) pada 13 April kemarin, atau empat hari setelah kematian Pangeran Philip, Ratu Elizabeth II sudah mulai masuk kerja.

Nenek Pangeran Harry ini menghadiri seremoni di Kastil Windsor untuk mantan Lord Chamberlain, Earl William Peel, yang telah memasuki masa pensiun. Ia adalah anggota paling senior dari staf rumah tangga kerajaan.

Kegiatan Sang Ratu

Ratu Elizabeth II
Perbesar
Ratu Elizabeth II saat di Royal Ascot. (Daniel LEAL-OLIVAS / AFP)

"Earl Peel menghadap Sang Ratu hari ini, menyerahkan Tongkat dan Insignia kantornya sebagai Lord Chamberlain, dan Lencana sebagai Chancellor Royal Victorian Order, dan melepaskan posisinya sebagai Lord Chamberlain, saat Yang Mulia menyerahkan kepadanya Royal Victorian Chain," begitu pernyataan resmi dari pihak kerajaan soal jadwal sang Ratu.

Pernyataan Keluarga

Suami Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip dalam Kenangan
Perbesar
Ratu Inggris Elizabeth II dan Pangeran Philip dari Inggris (kanan) melakukan perjalanan dengan kereta kuda menuju Horse Guards Parade untuk Parade Ulang Tahun Ratu, 'Trooping the Color', di London pada 17 Juni 2017. Pangeran Philip meninggal di usia ke-99 pada 9 April 2021. (Chris J Ratcliffe/AFP)

Setelah kematian Pangeran Philip pada 9 April lalu, satu demi satu sanak keluarga telah mengeluarkan pernyataan tentang kepergian bangsawan senior ini.

Pangeran Andrew, anak ketiga pasangan ini, salah satunya. Ia mengabarkan bagaimana Ratu Elizabeth II menghadapi kehilangan sang suami.

Lubang Kosong

Kebersamaan Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II
Perbesar
foto: AP photo

"Dia berkomtemplasi, seperti inilah caraku menggambarkannya. Ia bercerita rasanya seperti ada lubang kosong yang besar di hidupnya, tapi kami, pihak keluarganya, akan menjadi makin dekat, dan mendampinginya untuk memberikan dukungan," tutur Pangeran Andrew di hadapan wartawan usai menghadiri ibadah Minggu.

Dimakamkan 17 April

Sementara itu, pemakaman Pangeran Philip jadwalnya akan digelar pada 17 April mendatang. Jenazahnya akan diberangkatkan dari Kastil Windsor. 

Pemakaman ini akan ditayangkan secara langung mulai pukul 3 sore waktu Inggris. Pemakaman ini akan mematuhi protokol kesehatan Covid-19 yang diterapkan oleh Inggris.

Lanjutkan Membaca ↓