Sukses

Begini Doa Buka Puasa Ramadhan Sesuai Anjuran Nabi Muhammad SAW

Umat Muslim dunia termasuk Indonesia tengah menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadhan 1442 H

Liputan6.com, Jakarta Umat Muslim dunia termasuk Indonesia tengah menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadhan 1442 H. Selama satu bulan penuh puasa akan dijalani sebagai bentuk ibadah kepada Allah Subhana Wata'la.

Perintah untuk berpuasa di bulan Ramadhan selama satu bulan penuh difirmankan Allah Subhana Wata'la dalam Quran surat Al Baqarah ayat 183.

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Doa Berbuka

Berpuasa dimulai sejak Subuh hingga mata hari tenggelam alias Maghrib. Untuk melepas dahaga setelah seharian menahan lapar dan haus, umat muslim dianjurkan untuk membaca doa berbuka puasa.

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ

Dzahabaz zhama'u wabtallatil 'uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah

Artinya: Telah hilang rasa haus, telah basah urat nadi dan telah tetap pahala jika Allah menghendaki (Hadits shahih, Riwayat Abu Daud [2/306, no. 2357]

3 dari 3 halaman

Disegerakan Berbuka

Bila mata hari sudah tenggelam dan kumandang azan sudah terdengar, umat muslim yang berpuasa dianjurkan untuk sesegera mungkin berbuka.

Dari Sahl bin Sa’ad Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda

لاَيَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الْفِطْرَ

Artinya: Senantiasa manusia di dalam kebaikan selama menyegerakan berbuka. (Hadits Riwayat Bukhari 4/173 dan Muslim 1093)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.