Sukses

Dilanda Pandemi Covid-19, Hanung Bramantyo Akui Syuting Surga yang Tak Dirindukan 3 Setop di Tengah Jalan

Hanung Bramantyo berbagi romantika syuting Surga Yang Tak Dirindukan 3. Syuting di awal 2020 ini terhenti akibat pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Dua kali mencetak box office dengan mengumpulkan lebih dari 1,5 juta penonton, film Surga Yang Tak Dirindukan dibuatkan jilid ketiga. Hanung Bramantyo duduk di kursi co-producer. Syuting Surga Yang Tak Dirindukan 3 dihelat di Yogyakarta awal 2020.

Kisahnya mengajak Pras (Fedi Nuril) dan Meirose (Marsha Timothy) kembali ke rumah almarhumah Arini (Laudya Cynthia Bella). Di awal, syuting berjalan lancar. Tujuh hari terakhir, kabar buruk berembus dari Jakarta.

“Tiba-tiba satu minggu sebelum kita selesai, ada rumor yang kuat dan santer di Jakarta melalui media massa bahwa di Jakarta ada 100 orang terpapar Covid-19. Berita itu kemudian tersebar,” kenang suami Zaskia Adya Mecca.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kalau Tidak Salah Karaokean

Di awal pandemi, media massa mengabarkan gejala mereka yang terinfeksi Covid-19. Situasi merumit kala salah satu kru terindikasi gejala seperti yang diwartakan media. Sebelumnya, kru tersebut saat rehat syuting berkumpul dengan yang lain.

“Kalau tidak salah karaokean. Kita saat itu tidak tahu. Muncul kehebohan: Wah tadi satu meja dengan ini, bersinggungan dengan ini, segala macam. Tiba-tiba saat itu bersinggungan menjadi berbahaya,” Hanung mengingat.

3 dari 5 halaman

Syuting Terhenti Saat Itu

“Karena ada indikasi yang terpapar, maka syuting terhenti saat itu,” sutradara Ayat-ayat Cinta menyambung. Para pemain dan kru kembali ke Jakarta sebelum pembatasan sosial berskala besar alias PSBB diberlakukan.

Selama puasa dan Lebaran, Hanung Bramantyo sama sekali tidak berpikir soal syuting film Surga Yang Tak Dirindukan 3. Setelah itu, tim Dapur Film dan MD Pictures menjajaki kemungkinan melanjutkan syuting.

4 dari 5 halaman

Tinggalkan Keluarga

“Akhirnya diputuskan syuting tapi di Jakarta,” kenang Hanung Bramantyo dalam sesi interviu virtual bersama Showbiz Liputan6.com, baru-baru ini. Kesepakatan ini membuatnya lega.

“Jadi mau enggak mau saya meninggalkan keluarga di Yogyakarta untuk syuting di Jakarta. Tujuh hari enggak boleh lebih dari itu dan protokol kesehatan ketat,” cerita sineas peraih dua Piala Citra itu. 

5 dari 5 halaman

Cari Lokasi di Bogor

Skenario menyesuaikan lokasi. Lokasi syutingnya pun harus jauh dari keramaian. “Makanya kami cari yang di Bogor, jauh dari perumahan warga,” pungkas Hanung.

Akhirnya pengambilan gambar selesai. Surga Yang Tak Dirindukan 3 disepakati tayang di platform streaming Disney+ Hotstar bulan ini. Lagu temanya, “Selamanya Cinta” dibawakan BCL.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.