Sukses

Pemakaman Pangeran Philip, Pangeran Harry Pulang Sendirian ke Inggris dan Meghan Markle Absen

Semasa hidupnya, Pangeran Philip sangat dekat dengan Pangeran Harry.

Liputan6.com, London - Pangeran Harry dan anggota keluarga Kerajaan Inggris yang hubungannya belakangan merenggang, kini dipertemukan lagi dalam suasana duka kematian Pangeran Philip. Dilansir dari People, Minggu (11/4/2021) Istana Buckingham mengonfirmasi bahwa adik Pangeran William itu akan menghadiri pemakaman sang kakek pada 17 April mendatang.

Namun Pangeran Harry datang sendiri. Sang istri, Meghan Markle, absen karena alasan kesehatan.

"Duke of Sussex berencana hadir. Duchess of Sussex disarankan oleh dokternya untuk tak bepergian. Jadi sang duke yang akan hadir," begitu pernyataan dari juru bicara kerajaan dalam briefing pada Sabtu siang waktu setempat.

Seperti diketahui, Meghan Markle kini memang tengah hamil besar, dan akan melahirkan pada musim semi tahun ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pulang Kampung

Kepulangan Pangeran Harry ke Inggris beberapa hari ke depan menandakan kembalinya ia ke kampung halaman untuk pertama kalinya sejak pindah ke AS.

Ini juga pertama kalinya ia akan terlihat bersama dengan keluarga Kerajaan Inggris setelah wawancara sensasionalnya bersama Oprah Winfrey.

3 dari 5 halaman

Dekat dengan Pangeran Harry

People mencatat bahwa semasa hidupnya, Pangeran Philip sangat dekat dengan Pangeran Harry. Keduanya kerap terlihat berbincang akrab bahkan bercanda di depan publik. 

Dalam buku The Diana Chronicles, sang penulis Tina Brown menyatakan Pangeran Philip sangat memperhatikan kondisi cucu-cucunya setelah Putri Diana meninggal dunia. Pasalnya, saat kecil ia juga terpaksa dipisahkan dari sang ibu yang dirawat di rumah sakit jiwa. 

 

4 dari 5 halaman

Sempat Sakit

Seperti diketahui, Pangeran Philip meninggal pada 9 April 2021 lalu. Sebelum meninggal dunia, Pangeran Philip dirawat di rumah sakit sejak Selasa 16 Februari 2021. Suami dari Ratu Elizabeth II itu dilaporkan terkena infeksi. 

Ia kemungkinan akan dimakamkan di Frogmore Gardens, taman seluas 35 hektar tempat Ratu suka mengajak jalan-jalan anjing corgi kesayangannya.

5 dari 5 halaman

Orang Terdekat

Sekadar informasi, pemerintah Inggris menerapkan protokol kesehatan di mana jumlah pelayat yang bisa hadir dibatasi sebanyak 30 orang. Artinya, dipastikan bahwa yang hadir dalam pemakaman adalah orang-orang terdekat pria yang meninggal di usia 99 tahun ini.

Namun pelaksana pemakaman seperti petugas pengangkut peti dari kemiliteran, serta Dean of Windsor David Conner dan Uskup Agung Canterbury Justin Welby dibolehkan untuk hadir di luar 30 orang tamu ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.