Sukses

Adab dan Tata Cara Membaca Alquran Sesuai Anjuran Islam

Sebelum menyentuh Alquran, harus melakukan wudu. Meski begitu, bila membacanya dalam keadaan kotor, tetap diperbolehkan.

Liputan6.com, Jakarta Alquran merupakan kita suci umat Islam yang tidak ada keraguan di dalamnya. Kitab yang menjadi petunjuk utama ini bagaikan cahaya dalam kegelapan. Mengantarkan manusia ke jalan yang benar.

Hal itu tercantum dalam surah kedua dalam Alquran, yaitu surah Al Baqarah ayat ke-2. Allah menjelaskan bahwa Alquran merupakan petunjuk bagi mereka yang bertakwa kepada Allah.

ذٰلِكَ الْكِتٰبُ لَا رَيْبَ ۛ فِيْهِ ۛ هُدًى لِّلْمُتَّقِيْنَۙ

“Kitab (Alquran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa,” (QS. Al Baqarah: 2)

Untuk membaca Alquran, terdapat 5 aturan yang harus ditaati oleh kaum muslimin. Tujuannya, agar mendapat berkah dan manfaat, tidak sekadar membaca semata.

Aturan membaca Alquran ini biasa disebut sebagai adab membaca Alquran. Atau semacam tata cara membaca dengan baik dan benar sesuai aturan yang berlaku.

Adab pertama dalam membaca Alquran adalah kita harus dalam keadaan suci. Artinya, sebelum menyentuh Alquran, harus melakukan wudu. Meski begitu, bila membacanya dalam keadaan kotor, tetap diperbolehkan, namun tidak dapat keutamaannya.

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Tergesa-gesa

Dianjurkan kepada umat Islam untuk membaca Alquran dengan santai. Tidak terlalu cepat, dan juga tidak terlalu lambat. Tujuannya, agar mendapat manfaat dan pengetahuan yang benar mengenai Alquran.

Sebuah hadis menyebutkan bahwa mengkhatamkan Alquran kurang dari tiga hari, maka pemahaman isi Alqurannya tidak maksimal.

Khusyu’

Alquran mengandung banyak makna yang membutuhkan perenungan dan penghayatan. Untuk itu, dianjurkan kepada umat Islam untuk fokus saat membaca Alquran.

Hal itu disebut dalam surah Al Isra ayat 109, Allah berfirman, "Dan mereka menyungkur atas muka mereka sambil menangis dan mereka bertambah khusyu."

Membaca dengan Merdu

Alquran terdiri dari kata-kata indah penuh makna. Untuk membacanya pun dianjurkan dengan cara yang indah. Cara pertama, yaitu membacanya dengan benar sesuai tajwid.

Setelah itu, barulah menghiasi bacaan Alquran dengan merdu, menggunakan lagam yang indah. Namun, bila tidak mampu melagukan, maka cukup dengan membacanya dengan benar.

Meminta Perlindungan dari Allah

Dianjurkan bagi umat Islam meminta perlindungan kepada Allah SWT sebelum membaca kitab suci Quran. Sebagaimana firmannya dalam surah An Nahl ayat ke-98.

Allah berfirman, "Apabila kamu membaca Alquran hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari seitan yang terkutuk."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.