Sukses

Ardhito Pramono Pasrah Lagunya Sering Digunakan Variety Show di Korea Tanpa Izin

Terkait masalah ini, Ardhito Pramono sebenarnya telah menanyakan langsung ke pihak publisher, namun tidak ada jawaban dan tindakan jelas terkait penggunaan lagu yang tanpa izin tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Ardhito Pramono baru-baru ini menuangkan keluh kesahnya mengenai penggunaan lagu miliknya dalam variety show di Korea Selatan. Parahnya, penggunaan lagu itu tanpa adanya izin kepada Ardhito Pramono.

Hal itu disampaikan Ardhito Pramono melalui unggahan di Instagram Story-nya pada Rabu (7/4/2021). 

"Sering banget dapet info kalo lagu gue dipake sama banyak Korean variety show. Gak ngerti. Izin enggak, ada omongan aja enggak," tulis Ardhito Pramono.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tanggapan Publisher

Terkait masalah ini, Ardhito Pramono sebenarnya telah menanyakan langsung ke pihak publisher. Namun tidak ada jawaban dan tindakan jelas terkait penggunaan lagu yang tanpa izin tersebut.

"Kalo udh ngomong ke publisher pasti dijawab, ‘Nanti Kita Cari Yang Pake LaguUuNyaaAa’. Begitu mulu. Kayanya lagu gue udh jd public domain di Korea. Seperti: ‘FREE BMG MUSIC FOR YOUR EATING SHOW’,” sambung Ardhito.

3 dari 5 halaman

Tak Hanya 1 Acara

Salah seorang warganet juga membenarkan bahwa ia pernah mendengar lagu "Bittersweet" milik Ardhito Pramono dalam program Three Meals A Day. Parahnya, rupanya tidak hanya di acara tersebut saja, melainkan juga banyak variety show lain yang juga menggunakan lagu-lagu dari Ardhito Pramono.

"Gak cuma disitu, banyak banget variety show bersama dedek bayi yang pakai ‘Say Hello’, ‘Superstar’, ‘925’. Semuanya sih," jawab Ardhito Pramono.

4 dari 5 halaman

Awalnya Senang

Ardhito Pramono semula merasa senang lagunya mendapat tempat di sana. Namun lama kelamaan ia juga kesal karena lagunya terus menerus diputar tanpa izin. Ia kemudian membandingkan dengan FTV di Indonesia yang selalu izin setiap memutar lagu untuk backsound-nya.

“Awalnya seneng, tapi lama lama kok lagu gue kaya overplayed. Seperti ‘Smakin Kukejar, Smakin Kau Jauh’ song yang kita suka lihat di FTV. ITU AJA MINTA IZIN! S4d," sambung Ardhito Pramono.

 

5 dari 5 halaman

Pasrah

Adapun saat disarankan untuk melaporkan hal tersebut, Ardhito Pramono lebih memilih untuk tidak mempermasalahkan hal tersebut.

Biarkan jadi kemaslahatan umat kencanayo," tutupnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.