Sukses

Grup Vokal Rumpies Kembali Eksis dengan Single Kasih Putih

Rumpies yang muncul pada akhir 1990-an, dihidupkan kembali oleh @legendamusikindo setelah sekitar 30 tahun vakum.

Liputan6.com, Jakarta - Para penyanyi wanita top Indonesia yang tergabung dalam Rumpies, baru saja dirangkul oleh @legendamusikindo untuk kembali masuk ke dapur rekaman. Mereka menggarap single berjudul "Kasih Putih".

Rumpies yang merupakan kuintet beranggota Vina Panduwinata, Trie Utami, Ita Purnamasari, Memes, dan Yuni Shara, melantunkan lagu daur ulang dengan bantuan Addie MS selaku string arranger dan Efan Stefanus (rhythm arranger).

Rumpies yang muncul pada akhir 1990-an, dihidupkan kembali oleh @legendamusikindo setelah sekitar 30 tahun vakum dari industri musik Tanah Air. Hal serupa pernah dilakukan @legendamusikindo bersama Deddy Dhukun dengan 7 Bintang plus Vina Panduwinata.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Pengulangan Sejarah

"Ini pengulangan sejarah. Dan sekarang, terulang kembali setelah 30 tahun kembali ada 7 Bintang plus Mama Ina (Vina Panduwinata). Kemudian dari kumpul-kumpul di rumah Yuni, muncul ide untuk mengulang lagi Rumpies. Tetapi dengan catatan Rumpies yang dewasa," tutur Vina Panduwinata, ditemui wartawan di Plataran Menteng, Jakarta Pusat.

"Terjadinya selalu alamiah. Dulu dan sekarang jadinya seperti itu. Kini setelah 30 tahun, kembali situasinya terulang. Dimulai dari 7 Bintang dan ada perubahan formasi, dan perubahan formasi itu yang membentuk Rumpies hari ini," Trie Utami menimpali.

 

3 dari 8 halaman

Tanpa Dua Personel Asli

Rumpies kali ini eksis tanpa dua personil asli, Atiek CB dan Malyda. Dalam rangka menjawab pertanyaan para penggemar setelah "Kasih Putih" diluncurkan, Vina menjelaskan alasannya.

"Atiek di Amerika Serikat, jadi enggak memungkinkan. Kalau Malyda kami tahu banget dari dulu cita-citanya ingin jadi ibu rumahtangga. Mungkin itu bisa menjawab," jelas Vina.

 

4 dari 8 halaman

Pesan Moral

Menurut Yuni, lagu "Kasih Putih", memiliki pesan moral yang sangat mengena di tengah impitan krisis pandemi Covid-19. Bersama lagu yang sebelumnya dilantunkan oleh Male Voice itu, lanjutnya, "Rumpies" ingin menyampaikan pesan bahwa manusia adalah sama di mata Tuhan.

"Di mataNya, kita semua manusia tidak ada perbedaan. semua sama," kata Yuni Shara.

 

5 dari 8 halaman

Berbagi Tugas

Saat keempat biduanita ini memulai proses rekaman, setiap personil telah otomatis berbagi peran. Mulai soal teknis hingga urusan perut, mengalir dikerjakan oleh dan untuk Rumpies.

"Kami di sini berbagi ruang. Mama Ina ini ibu segala bangsa, dia yang ngurusin makanan untuk kami. Produksi musik aku yang jagain. Untuk penampilan, perdagangan, dan perekonomian, urusan Yuni," ungkap Trie Utami, terkekeh.

"Memes, menteri sosial. Dia jadi reminder semua, banyak hal. Ita, kerjanya adalah urusan di mana semua orang stuck sama pekerjaan, dia yang memecahkan situasi. Kami coba bagi tugas, supaya nanti kita enggak overlaping," tambahnya.

 

6 dari 8 halaman

Di Balik Layar

Sementara terkait aransemen string yang ditangani Addie MS, Memes menuturkan ketertarikan suaminya itu untuk menggarap “Kasih Putih”, lantaran sang komposer sudah lama tak menjamah ranah pop.

Di sisi lain, Rumpies adalah kawan-kawan dekat Addie MS yang juga berkecimpung di industri yang sama. "Palingan yang paling susah pas mixing. Harus bolak-balik (studio rekaman) sampai 15 kali," kata Memes. 

"Kami merayu Addie dan dia mau. Tapi pas Addie mau bantuin, kami senang banget. Addie benar-benar memoles dan aku sudah lama enggak kerja sama dengan Addie. Aku ngerasa, I`m back! Sudah lama enggak dapat musik kayak gini," tambah Vina. 

Glenn Rotty, selaku produser lagu tunggal ini, mengapresiasi perhatian dari masing-masing personil Rumpies dalam pengerjaan “Kasih Putih”.

Menurutnya, setiap ide yang muncul, baik dari para penyanyi maupun pihak yang terlibat di dapur rekaman, selalu didiskusikan guna mencapai hasil yang diharapkan.

“Karena banyak ide yang keluar, jadi kami sangat detail dalam pengerjaannya sehingga prosesnya agak lebih panjang. Dan hasilnya pun tercapai, baik dari sisi musikalitas, vokal, bahkan sampai klip video,” jelas Glenn.

 

7 dari 8 halaman

Video Klip

Selesai rekaman, Rumpies langsung menggaet sutradara kondang Eko Kristianto untuk pengerjaan klip video di Plataran Cilandak. Lokasi syuting ramah lingkungan di belahan selatan ibu kota ini sarat dengan kemajemukan adat dan budaya yang dimiliki Indonesia.

“@legendamusikindo ingin mendukung kegiatan wisata eco-friendly yang sarat dengan unsur alam. Di lokasi syuting Plataran Cilandak juga memiliki rumah-rumah adat Indonesia serta beragam jenis batik, yang kami anggap sangat merepresentasikan visual yang ingin kami capai melalui klip video ‘Kasih Putih’,” jelas Presiden Direktur @legendamusikindo Faisal Nurdin.

Soal penampilan para personil "Rumpies" di muka kamera, Yuni punya pendapat unik. "Masalah tampilan tuh lucu ya. Mau dibikin muda-mudain juga nggak bisa. Tapi kita mau satu tone semua, mau diapain ya? Di klip video saya minta Mama Ina pakai jas suami dan mertuanya, jadi pakai baju cowok. Semua saya mau look-nya vintage tapi OK," paparnya. 

"Konsepnya boys, tema 80an tapi kekinian," kata Memes. "Yang penting tuh, kami mengeluarkan karya ini tanpa emosi," tambah Trie Utami.

 

8 dari 8 halaman

Lintas Generasi

Bagi Rumpies, lagu "Kasih Putih" tak memiliki segmentasi pasar sehingga dapat menelusuri lintas generasi penikmat musik Indonesia. Lagu bagus, kata Trie Utami, tak pernah kenal batas usia.

"A good song tidak akan bicara fans-nya usianya berapa. Secara alamiah, a good song will be a good song. A good singer will be a good singer," jelasnya.

"Anggap saja Rumpies baru lahir," kata Yuni. "Untuk generasi milenial, mungkin mereka tahunya ini grup baru. Tapi untuk ibu atau bapaknya, tahu semua," tanggap Memes, yang kemudian disambut gelak tawa para personil "Rumpies".

Lagu "Kasih Putih" telah dirilis di berbagai digital store pada 26 Maret 2021. Sejalan dengan peluncuran lagu, klip video dapat disaksikan di YouTube melalui kanal Legenda Musikindo pada Jumat (2/4/2021).

Kemudian pada Mei 2021, @legendamusikindo bersama Plataran Indonesia akan mengadakan konser di Hutan Kota by Plataran di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, dengan menampilkan “The Gentlemen” dan “Rumpies”.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.