Isu KKN Di Desa Penari Akan Jadi Film Lebaran 2021, Manoj Punjabi Beri Klarifikasi

Oleh Wayan Diananto pada 02 Apr 2021, 08:30 WIB
Diperbarui 02 Apr 2021, 09:54 WIB
Poster KKN di Desa Penari
Perbesar
Poster KKN di Desa Penari

Liputan6.com, Jakarta Bulan depan Lebaran. Jaringan bioskop mulai menayangkan film-film blockbuster pertanda libur tengah tahun alias musim panas telah tiba. Beredar kabar, film KKN Di Desa Penari akan meneror penonton saat libur Lebaran.

Diberitakan sebelumnya, karya sineas Awi Suryadi dijadwalkan tayang Maret 2020 sebagai kado Hari Perfilman Nasional. Apes. Bulan itu, Indonesia kedatangan tamu tak diundang, pandemi Covid-19.

Walhasil, KKN Di Desa Penari dan sejumlah film Indonesia lain tunda tayang. Kepada Showbiz Liputan6.com, produser MD Pictures, Manoj Punjabi, mengklarifikasi rumor seputar film Lebaran.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Problemnya Adalah Konten

Cinema XXI. (Foto: Koleksi Cinema XXI)
Perbesar
Cinema XXI. (Foto: Koleksi Cinema XXI)

“Problemnya adalah konten yang bagus belum ada yang mau mengeluarkan. Penonton enggak akan ke bioskop kalau enggak ada konten yang bagus. Kalau ada konten bagus, penonton enggak optimal, susah juga. Ini posisi dilema,” beri tahunya.

Dukungan Pemerintah sangat penting. Insan film telah mengunggah surat terbuka buat Presiden Jokowi. RI-1 lalu mengundang sejumlah pekerja seni ke Istana. Setelahnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menggelar audiensi dengan seniman.


Salah Satu Langkah Awal

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto
Perbesar
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam "Audiensi dengan Insan Perfilman: Strategi Industri Film ikut Dalam Pemulihan Ekonomi" di Jakarta, Jumat (19/3/2021). (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Rabu (31/3/2021), Airlangga bersama kader partainya menggelar kampanye “Dukung Industri Film Nasional: Ke Bioskop dengan Prokes” dengan menonton ulang Habibie & Ainun 3 di sejumlah titik. Di Jakarta, nonton bareng digelar di Plaza Senayan XXI.

“Ini salah satu langkah awal di mana Pak Airlangga berinisiatif menggerakkan nonton bareng. Ini membantu produser dan pihak bioskop,” ulas Manoj seraya mengingat, bulan depan Lebaran. Biasanya, Lebaran momen bagi film Indonesia untuk menggelar panen raya penonton. 


Tiga Konten

Manoj Punjabi. (Foto: Dok. MD Pictures)
Perbesar
Manoj Punjabi. (Foto: Dok. MD Pictures)

Manoj mengakui sebenarnya punya tiga kandidat film Lebaran yakni KKN Di Desa Penari, Mendarat Darurat (dibintangi Luna Maya dan Reza Rahadian). Satu lagi, Ivanna sempalan Danur.

“Ini tiga konten, superkiller content tapi saya juga mau lihat strateginya gimana, apa, adakah jaminan yang bisa saya pikirkan agar jangan sampai merugi. Dukungan apa (dari pemerintah) untuk menyehatkan kembali industri film kita,” Manoj menyambung. 


Bioskop Tak Kan Terganti

Reza Rahadian.
Perbesar
Reza Rahadian.

Karenanya, Manoj belum bisa memastikan apakah KKN Di Desa Penari tayang Lebaran 2021. Produser Ayat-ayat Cinta terus berkoordinasi dengan pihak jaringan bioskop untuk memantau perkembangan terkini di tengah pandemi dan vaksinasi.

Reza Rahadian menambahkan, seiring waktu bioskop akan bergairah lagi. “Pengalaman menonton di bioskop itu enggak akan bisa digantikan. Nonton di bioskop dengan di (platform) digital beda. Digital punya kelebihan sendiri, bioskop punya kelebihannya sendiri,” tutupnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya