Makin Produktif, DJ Stroo Gandeng Ten2Five Usung Single Bernuansa Retro

Oleh Hernowo Anggie pada 26 Mar 2021, 07:20 WIB
Diperbarui 26 Mar 2021, 17:41 WIB
DJ Stroo dan Ten2Five
Perbesar
DJ Stroo gandeng Ten2Five (IST)

Liputan6.com, Jakarta DJ Stroo tak pernah kehabisan ide dan produktivitas dalam berkarya. Buktinya, setelah merilis “Aku Garuda (New Version)” feat. Roy Jeconiah dan Toto Tewel serta “This Feeling (Indonesian Version)” feat. Tasya Crestada, dj berkepala plontos ini kembali merilis single bernuansa retro dengan tajuk “Ain’t A Love Song”.

Menariknya, kali ini DJ Stroo tidak hanya berkolaborasi dengan vokalis, akan tetapi dengan sebuah band, Ten2Five. "Sebenarnya ini lagu lama, cuma baru bertemu dengan cocok," ujar DJ Stroo dalam jumpa pers virtual, Kamis (25/3).

Dengan menggandeng Ten2Five yang karakter musiknya sangat berbeda, DJ Stroo ingin menyampaikan pesan bahwa musik itu memang universal. "Inilah buktinya, kita bisa ngeblend meski dari berbagai genre dan karakter," ujarnya.

 

2 dari 5 halaman

Lebih Produktif

DJ Stroo dan Ten2Five
Perbesar
DJ Stroo gandeng Ten2Five (IST)

Satu pesan lagi yang ingin dia sampaikan adalah bahwa pandemi seharusnya tidak mengekang kreativitas musisi. "Saya ingin membuktikan bahwa saya justru lebih produktif saat pandemi ketimbang sebelumnya," Stroo menegaskan.

Single ini sendiri berkarakter kuat EDM (Electronic Dance Music). Namun, nuansa atau karakter band juga tetap menonjol. Seperti diketahui Ten2Five selama ini dikenal lebih di kenal dengan lagu-lagu ballad bernuansa akustik.

Bahkan DJ Stroo memberi kebebasan bagi seluruh personil band yang berawak Imel (vocal), Ardhy (gitar) dan Thomas (drum, perkusi) ini untuk memberi masukan dan berkontribusi. Jadilah, Imel memberi revisi pada lirik dan masukan pada caranya menyanyikan lagu ini, termasuk usulan nuansa sound.

Sedangkan personel lainnya, juga memberikan isian instrumen seperti presepsi mereka secara pribadi, dengan sedikit arahan dari DJ Stroo. Proses take vocal dan instrumen sendiri, dilakukan di studio pribadi Ten2Five tanpa melibatkan Dj Stroo secara langsung.

 

3 dari 5 halaman

Selami Dulu

Menurut Imel, kolaborasi dengan Dj Stroo menjadi new experience bagi perjalanan Ten2Five. “Kami menyelami terlebih dahulu musiknya. Saya dengarkan berkali-kali, dipelajari, sehingga tahu bagaimana mengisinya, kapan harus improve," ujar Imel, yang juga memberi usulan image atau oufit saat pemotretan cover.

Sementara menurut Thomas, musik yang ditawarkan DJ Stroo, nyambung dengan jenis-jenis musik yang belakangan dia dengarkan. "Saya kebetulan lagi dengerin musik-musik disko 1980-an, seperti A-ha, Duran Duruan. Jadi cocok," ujarnya.

Lagu “Ain’t A Love Song” sendiri berkisah tentang seseorang yang mencitai orang terdekatnya, akan tetapi rasa cintanya tidak pernah di tanggapi secara serius, walaupun sudah melakukan banyak hal untuk membuktikan rasa cintanya tersebut.

 

4 dari 5 halaman

Tidak Sengaja

Menariknya, DJ Stroo sendiri menyebut, kakarter analog dan retro vibes di sound lagu ini bukanlah kesengajaan. "Rencananya aku ingin menampilkan karakter sound yang benar-benar kekinian, akan tetapi saat membuat sample lagu, aku mengambil sound dan karakter aransemen seadanya, karena di kejar waktu," ujarnya.

Awalnya, kata Stroo itu hanya untuk demo. "Tetapi justru karakter sound seadanya yang cenderung retro ini malah di suka oleh seluruh personil Ten2Five. Akhirnya aku lebih banyak lagi mengeksplorasi sound retro, dan justru membuat lagu ini terdengar lebih unik," ungkap Dj Stroo.

 

5 dari 5 halaman

Mainan Anak-anak

Nuansa retro tidak hanya pada sisi aransemen, karakter sound dan image cover, akan tetapi juga pada videoklip. Di sutradarai sendiri oleh Dj Stroo, videoclip “Ain’t A Love Song” menampilkan permainan tradisional berupa prahu klotok yang menggunakan bahan bakar minyak kelapa.

Dj Stroo merasa mainan anak-anak yang di gemari di era 80-an hinga awal 90-an ini seperti tersingkirkan oleh mainan layar sentuh dari perangkat gawai, beberapa tahun terakhir.

Di videoklip ini, Dj Stroo berharap bisa mengingatkan bahwa anak-anak Indonesia pernah memiliki permainan seru dan menarik, dengan atifitas outdoor sebelum terimbas teknologi gawai.

Di bawah label pribadi Dj Stroo, AudioProjects, lagu ini sudah bisa di dengarkan di semua media music streaming. Lagu ini juga akan di rilis dengan beberapa versi, dan rencananya akan di masukkan di debut album Dj Stroo, yang akan di rilis pada tahun ini juga.

“Ain’t A Love Song” di harapkan bisa di terima oleh masyarakat luas, tidak hanya di Indonesia, karena di distribusikan secara internasional. Lagu ini juga sudah mulai di promosikan pada pertengahan Maret 2021 ini.

Lanjutkan Membaca ↓