Sukses

Rose Blackpink Masuk Billboard Hot 100, Rekor Tertinggi Solois Wanita Korea

Rose Blackpink menumbangkan rekor yang sebelumnya dibukukan oleh CL eks 2NE1 di Billboard Hot 100.

Liputan6.com, Seoul - Rose Blackpink tampil bertaji dalam proyek solo perdananya. Dilansir dari Soompi, Selasa (23/3/2021), ia mencetak rekor baru untuk solois wanita Korea Selatan di tangga lagu Billboard.

Media yang fokus di bidang musik ini mengabarkan lewat twit di akun resminya, bahwa lagu milik vokalis Blackpink ini, "On The Ground", meraih posisi ke-70 di tangga lagu Hot 100.

Billboard Hot 100 digunakan sebagai parameter popularitas lagu-lagu di Amerika Serikat dari semua genre. Penghitungannya berdasarkan streaming audio maupun video resmi, pemutaran di radio, dan data penjualan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tumbangkan Rekor CL

Rose menumbangkan rekor yang sebelumnya dibukukan oleh CL. Mantan member 2NE1 ini adalah solois wanita pertama yang masuk ke tangga lagu ini pada 2016 lewat "Lifted."

Kala itu, ia mencapai peringkat 94. Sejak saat itu, ia menjadi satu-satunya solois Korea yang masuk tangga lagu ini, hingga akhirnya Rose merilis album solonya, R.

3 dari 5 halaman

Pencapaian Bersama Blackpink

Sebelumnya Rose juga telah berkali-kali masuk dalam daftar ini, tapi bersama dengan grupnya. Pencapaian tertinggi mereka adalah "Ice Cream", kolaborasi grup K-Pop ini dengan Selena Gomez.

Single "How You Like That" sempat masuk ke urutan 33, begitu pula dengan "Sour Candy", kolaborasinya dengan Lady Gaga.

4 dari 5 halaman

Salip Rekor PSY

Ini bukan rekor pertama yang dipecahkan Rose Blackpink lewat karya solo perdananya. "On the Ground" berhasil mencatat rekor sebagai video musisi solo K-Pop paling banyak ditonton dalam 24 jam, berdasarkan Korea JoongAng Daily.

Dikutip dari NME,video klip ini mencatat 41,6 juta views dalam waktu 24 jam. Capaian ini mengalahkan rekor yang pernah dibuat PSY pada 2021.

5 dari 5 halaman

Rekor Pre-Order

Selain itu, YG Entertainment selaku agensi Rose mengumumkan pre-order atau prapesan album ini telah mencapai angka 500 ribu secara global.

Ini angka prapesan terbesar untuk solis wanita di jagat K-Pop.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.