Sukses

Lakukan 4 Hal Ini Agar Streaming Film Lancar Tanpa Buffering

Ini dia cara streaming film yang efektif tanpa buffering dan gak bikin kamu kesal serta terganggu.

Liputan6.com, Jakarta Streaming film menjadi aktivitas favorit generasi masa kini, melalui smartphone maupun laptop. Selain ampuh untuk mengusir rasa bosan saat di rumah maupun di kantor, kita juga bebas memilih genre film, dari film action hingga drama, film Indonesia, Korea, Eropa, hingga Hollywood. Pengguna bisa pause atau lanjutkan film kapan saja, tidak perlu terburu-buru sampai tamat.

Tak heran bermunculan banyak aplikasi streaming film dari yang gratis hingga berbayar seperti Viu, Iflix, hingga vidio.com. Sayangnya, buffering kerap kali menjadi masalah ketika sedang asyik-asyiknya menonton. Awalnya nonton film ingin refreshing malah berantakan dan berbalik jadi kesal sendiri. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka kamu harus tahu cara streaming film yang efektif tanpa buffering.

1. Perhatikan Koneksi Internet

Hal pertama yang perlu kamu periksa adalah koneksi internet. Gunakan koneksi internet atau provider yang sudah mendukung jaringan 4G LTE atau pakai jaringan Wi-Fi. Jika sinyal kurang sempurna, harap maklum jika sewaktu-waktu terkendala. Dengan tahu hal ini lebih awal maka kamu jadi tidak mudah kesal.

2. Bersihkan cache yang menumpuk

Kehadiran cache sebenarnya bisa meningkatkan kinerja aplikasi, namun jika dibiarkan terlalu banyak dan menumpuk, cache akan menyita ruang penyimpanan perangkat smartphone. Hal ini membuat kinerja ponsel menjadi lebih lemot dan turut mempengaruhi aplikasi seperti streaming film.

Oleh sebab itu, jangan lupa untuk membersihkan cache secara rutin agar masalah buffering bisa diminimalisir. Kamu bisa menghapusnya melalui menu pengaturan pada perawatan perangkat atau aplikasi manajemen data yang tersedia di smartphone.

3. Hapus atau stop aplikasi yang tidak terpakai

Terlalu banyak aplikasi di smartphone ternyata ikut mempengaruhi kualitas jaringan internet. Aplikasi yang berjalan otomatis di background system menyebabkan pembagian bandwith sehingga memperlambat koneksi internet saat kamu streaming film.

Agar tidak terjadi buffering saat streaming film, sebaiknya kamu menghapus atau stop aplikasi dan widgets yang tidak terpakai.

4. Sesuaikan kualitas video streaming

Aplikasi atau layanan streaming film memiliki fitur untuk menghemat data internet melalui pengurangan kualitas streaming. Semakin rendah kualitas video, maka masalah buffering bisa lebih cepat teratasi.

Atur kualitas video rendah mulai dari 144p, 240p, 360p dan 480p. Jika koneksi internet kembali baik dan buffering teratasi, kamu bisa meningkatkan kualitas video menjadi 720p maupun 1080p agar gambar bisa lebih jernih.

Nah, itulah deretan tips dan trik agar streaming film lancar tanpa perlu buffering yang terlalu lama. Gunakan aplikasi streaming yang berkualitas dan legal, agar kamu terlindungi dari malware berbahaya yang dapat merusak perangkat gadget.

Aplikasi dan situs seperti Viu, Iflix dan Vidio.com menyediakan berbagai film, serial tv, acara tv dan dokumenter yang menarik, berkualitas, dengan biaya berlangganan yang tergolong murah dan terjangkau. Beli voucher streamingnya di Tokopedia, banyak promo dan cashback spesial buat kamu. Sekaligus nikmati juga hiburan musik dari WIB TV Show Tokopedia, program TV bulanan Tokopedia yang selalu hadir untuk membuka WIB Tokopedia!

Di bulan Maret ini, WIB TV Show mengusung tema Pesta Nostalgia Indonesia dan dimeriahkan oleh berbagai bintang tanah air.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.