Sukses

Ade Fitrie Kirana Beberkan Rahasia Membangun Jaringan Pemasaran

Ade Fitrie Kirana yang sukses dikenal publik karena tampil di berbagai sinteron, seperti salah satunya Raden Kian Santang.

Liputan6.com, Jakarta Ade Fitrie Kirana, artis yang sekarang menggeluti bisnis kosmetik mengungkapkan kesuksesan sebuah produk tergantung dari pemasaran. Wanita yang kini mengembangkan AFK Beauty Skin Clinic menjelaskan, jejaring pemasaran khususnya untuk produk kosmetik lazimnya dikenal sebagai reseller dan dropshipper.

Ade Fitrie Kirana yang sukses dikenal publik karena tampil di berbagai sinteron, seperti salah satunya ‘ Raden Kian Santang' menjelaskan, reseller dan dropshipper memiliki peran penting untuk ikut memajukan sebuah usaha.

"Membangun reseller dan dropshipper secara solid dalam sebuah jaringan memang memerlukan proses yang cukup panjang. Akan tetapi hal itu bukanlah sesuatu yang mustahil untuk dilakukan. Jika kita mau terus belajar dan berusaha, menjaring reseller dan dropshipper akan lebih mudah dilakukan," kata Ade Fitrie Kirana saat dihubungi pewarta, Kamis (18/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sangat Membantu

Dengan adanya reseller dan dropshipper, menurut Ade Fitrie Kirana, sangat membantu dan lebih seru karena produk dapat lebih luas tersebar dan dijangkau secara luas oleh masyarakat sehingga berpotensi meningkatkan jumlah penjualan.

Ia menambahkan, berdasarkan pegalamannya mengembangkan klinik kecantikan dan kosmetik, ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi proses mendatangkan reseller dan dropshipper.

"Tanpa harus merekrut, jika kita mampu memberikan penawaran dan pelayanan istimewa, mereka akan datang dengan sendirinya tanpa kita harus mencari. Kuncinya adalah bagaimana kita bisa membuat mereka tertarik untuk ikut menjual produk yang kita miliki," ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Tips

Ade Fitrie Kirana lalu membagi pengalaman mengelola jejaring pemasaran melalui 8 tips berikut ini:

Jual Produk Berkualitas

Produk akan tetap menjadi lakon utama dalam usaha. Sebuah produk yang baik akan sangat mudah dijual. Produk yang baik tidak hanya mencakup kualitas saja, namun juga yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Selain itu juga ada nilai keunikan dari sebuah produk yang inovatif. Produk berkualitas dan unik akan sangat disukai oleh para reseller dan dropshipper. Jika kita memiliki produk semacam ini, maka mereka akan datang dengan sendirinya.

Tawarkan Harga Khusus

Daya tarik paling efektif untuk mendapatkan banyak reseller adalah dengan memberikan penawaran harga khusus. Bagaimanapun juga, harga akan menjadi pertimbangan utama ketika seorang reseller dan dropshipper memutuskan untuk mengambil barang pada seorang supplier. Mereka akan lebih mengutamakan menjual barang dengan harga jauh dibawah pasar sehingga dapat bersaing dengan para kopetitornya. Jika ingin menjaring reseller dan dropshipper lebih banyak, cobalah untuk memberikan harga khusus kepada mereka.  

Berikan Kemudahan Transaksi

Pelayanan juga akan menjadi pertimbangan yang sering dipikirkan oleh para reseller dan dropshipper. Mereka biasanya akan lebih suka terhadap supplier yang memberikan kemudahan dalam transaksi seperti respon cepat dan sistem pembayaran yang mudah. Oleh karena itu, kita harus mampu memberikan pelayanan terbaik kepada para reseller dan dropshipper.

Ketersediaan Stok Barang

Para reseller dan dropshipper biasanya akan lebih suka terhadap supplier dengan ketersediaan barang yang memadai. Mereka beranggapan bahwa supliyer dengan banyak stok barang akan memberikan mereka kesempatan untuk berjualan lebih lama. Biasanya reseller dan dropshipper akan kecewa ketika mendapati stok barang di supplier yang sudah habis padahal produk tersebut sedang ramai diburu pembeli.

Berbagi Ilmu dan Pengalaman

Sebagai seorang pelaku usaha yang lebih mapan, jangan sungkan atau pelit untuk membagikan ilmu serta pengalaman kepada para reseller dan dropshipper yang anda miliki. Berbagai ilmu dan pengalaman kepada mereka tidak akan membuat anda kalah bersaing, sebaliknya hal tersebut akan membuat reseller dan dropshipper lebih maju sehingga ikut meningkatkan penjualan produk anda. Buatlah sebuah grup khusus untuk berbagi ilmu, pengalaman, maupun keluh kesah ketika berjualan.

Berikan Jaminan Garansi

Satu hal yang sering dilupakan oleh para supplier namun sangat disukai oleh para reseller dan dropshipper adalah memberikan jaminan garansi terhadap barang-barang yang rusak atau cacat produksi. Kita tidak akan pernah tahu jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama proses pengiriman barang.  Selain itu kita terkadang juga melewatkan barang yang cacat produksi dari proses sortir. Maka dari itu jaminan garansi akan membuat reseller dan dropshipper lebih yakin.

Promosikan Reseller/Dropshipper

Sebagai seorang supplier, jangan sungkan untuk turut mempromosikan para reseller dan dropshiper yang ada. Mereka akan menjadi lebih bangga ketika supplier melibatkannya dalam proses promosi. Hal ini juga dapat membuat mereka merasa sangat dihargai sehingga akan bersikap lebih loyal. Karena mendatangkan banyak manfaat untuk usaha yang sedang berjalan, apresiasi seperti ini memang pantas diberikan kepada pada reseller dan dropshipper.

Berikan Bonus

Jangan pernah takut untuk memberikan bonus atau hadiah kepada para reseller dan dropshipper yang memiliki jumlah penjualan tinggi. Memberikan sesuatu yang lebih seperti memberi bonus atau hadiah akan membuat mereka merasa senang. Bonus dan hadiah yang diberikan bisa berupa potongan harga atau memberikan sebuah barang tambahan. Meski tidak seberapa, namun hal ini akan mampu menjaring reseller dan dropshipper untuk ikut bergabung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.