Grup K-Pop Eternity Siap Debut, Personelnya Cantik-Cantik tapi Bukan Manusia

Oleh Ratnaning Asih pada 19 Mar 2021, 18:20 WIB
Diperbarui 19 Mar 2021, 18:20 WIB
Dain, Yeoreum, Yejin dari grup AI Eternity. (Pulse9 via Koreaboo)
Perbesar
Dain, Yeoreum, Yejin dari grup AI Eternity. (Pulse9 via Koreaboo)

Liputan6.com, Seoul - Para penggemar K-Pop bakal kedatangan satu girl group baru dengan nama Eternity. Seperti kebanyakan idol Korea lain, mereka memiliki paras ayu. Bedanya, mereka bukan manusia.

Jangan ngeri dulu, Eternity adalah grup K-Pop yang anggotanya adalah sosok-sosok yang dibuat dengan konsep Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan.

Dilansir dari Koreaboo, Jumat (19/3/2021), girl group ini dikembangkan oleh Pulse9, dan memiliki 11 anggota. Mereka adalah Minji, Seoa, Sujin, Dain, Yeoreum, Yejin, Jaein, Jiwoo, Hyejin, Sarang, dan Chorom.

2 dari 5 halaman

Punya Kepribadian Masing-Masing

Jaein, Jiwoo, Hyejin Eternity. (Pulse9 via Koreaboo)
Perbesar
Jaein, Jiwoo, Hyejin Eternity. (Pulse9 via Koreaboo)

Mereka diciptakan dengan teknologi Deep Real AI. Ini adalah teknologi imaging virtual berbasis deep-fake yang dikembangkan oleh Pulse9.

Wajah para membernya dipilih dari pemungutan suara awal tahun ini, dari ratusan penampilan idol yang telah disintesis. Uniknya lagi, diselipkan kepribadian yang berbeda-beda di antara para anggotanya.

3 dari 5 halaman

Agensinya Perusahaan IT

Minji, Seoa, Sujin Eternity. (Pulse9 via Koreaboo)
Perbesar
Minji, Seoa, Sujin Eternity. (Pulse9 via Koreaboo)

Pulse9 yang menaungi Eternity juga bukan label musik, melainkan perusahaan IT yang bergerak di bidang pengembangan AI. Dalam keterangan perusahaan, disampaikan bahwa Deep Real AI berbeda dengan teknologi deep-fake yang saat ini ada.

Deep Real AI diklaim lebih realis, serta hemat ongkos dan waktu produksi.

4 dari 5 halaman

Jadi Model Iklan

Sarang dan Chorong Eternity. (Pulse9 via Koreaboo)
Perbesar
Sarang dan Chorong Eternity. (Pulse9 via Koreaboo)

Lantas, seperti apa kegiatan Eternity lainnya? Selain aktivitas di dunia virtual, rencananya mereka akan merilis lagu dalam bentuk unit maupun solo.

Pulse9 juga akan menampilkan Eternity sebagai YouTuber, influencer, hingga model iklan. Salah satu anggotanya, Chorong, bahkan telah muncul untuk iklan perusahaan Shinhan Investment.

5 dari 5 halaman

Debut 22 Maret

Eternity. (Tangkapan layar YouTube/  AiA-fab)
Perbesar
Eternity. (Tangkapan layar YouTube/ AiA-fab)

Pulse9 sudah merilis sejumlah video konsep dan teaser single pertama Eternity, "I'm Real." Mereka akan debut 22 Maret 2021 mendatang.

Lanjutkan Membaca ↓