Sukses

Riz Ahmed Jadi Muslim Pertama di Piala Oscar Nominasi Aktor Utama Terbaik

Riz Ahmed tetap memiliki saingan yang sangat berat dalam meraih Piala Oscar kategori Best Actor.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Riz Ahmed kini sedang menjadi buah bibir di ajang Academy Awards ke-93. Pasalnya, Ahmed baru saja menjadi aktor muslim pertama yang masuk nominasi Piala Oscar 2021 kategori Best Actor (Aktor Utama Terbaik) untuk film Sound of Metal.

Nominasi Best Actor in a Leading Role di Piala Oscar 2021 ini didapatkan Riz Ahmed melalui sebuah pengumuman daftar calon pemenang yang dibacakan secara daring pada Senin (15/3/2021) malam WIB.

Namun begitu, Riz Ahmed memiliki saingan yang sangat berat dalam meraih Piala Oscar kategori Best Actor. Mulai dari Chadwick Boseman untuk film Ma Rainey's Black Bottom, Anthony Hopkins untuk The Father, Gary Oldman untuk film Mank, dan Steven Yeun untuk film Minari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Ungkapan di Media Sosial

Setelah mendengar pengumuman tersebut, Riz Ahmed pun mengungkapkan perasaannya di media sosial. Melalui akun Twitter, Ahmed tak hanya membanggakan pencapaiannya, namun juga penulis dan sutradara Sound of Metal.

 

3 dari 6 halaman

Merasa Terhormat

"Wow! Saya merasa terhormat dinominasikan di sisi rekan sesama aktor saya yang penampilannya menginspirasi, dan berterima kasih kepada Academy atas dukungan dan dorongan mereka. Saya sama-sama senang atas penulis-sutradara visioner kami Darius Marder dan Paul Raci yang brilian...," tulis Riz Ahmed di Twitter, baru-baru ini.

 

4 dari 6 halaman

Berterima Kasih ke Banyak Pihak

Selain kepada sutradara dan penulis film, secara rendah hati Riz Ahmed juga menyampaikan terima kasihnya kepada editor, sound designer, tim penulis, pemain lain, kru, para produser, bahkan hingga mentor drumnya dan komunitas tuna rungu.

 

5 dari 6 halaman

Krisis Kesehatan

Dalam film ini, Riz Ahmed memerankan seorang penabuh drum band bergenra hard rock dan metal yang kehilangan pendengaran. Selama prosesnya, Ahmed belajar bermain drum sembari mendalami bahasa isyarat.

"Sound of Metal adalah tentang bagaimana krisis kesehatan dapat memisahkanmu dari kehidupan dan orang yang kamu cintai, dan memaksamu untuk tumbuh dengan cara yang tidak terduga," tulis Ahmed melanjutkan kicauan di Twitter.

"Di tahun yang penuh tantangan bagi banyak orang, saya berharap kisah ini dapat menginspirasi kita untuk menjalin hubungan baru dan lebih mendalam dengan diri kita sendiri dan orang lain," pungkasnya.

 

6 dari 6 halaman

Bisa Melampaui Mahershala Ali

Pencapaian Riz Ahmed ini berpotensi melampaui rekan sesama aktor yang juga seorang muslim, Mahershala Ali. Sebelumnya, Mahershala Ali pernah menang dua Piala Oscar untuk film Moonlight dan Green Book, namun di kategori Aktor Pendukung Terbaik (Best Supporting Actor).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.