Sukses

Deddy Corbuzier Undang Grandmaster Catur Wanita Indonesia, Irene Kharisma Terkait Polemik Dewa Kipas dan GothamChess

Menyusul kehadiran Dewa Kipas di podcast Deddy Corbuzier, Grandmaster Catur wanita Indonesia Irene Kharisma, mengirimkan surat terbuka untuk Deddy Corbuzier.

Liputan6.com, Jakarta - Di media sosial, tengah ramai membicarakan polemik yang terjadi antara Dewa Kipas alias Dadang Subur, dengan pecatur luar negeri IM Levy Rozman (Amerika Serikat) yang memakai akun bernama GothamChess. Bahkan, Dadang Subur sampai diundang ke podcast milik Deddy Corbuzier guna membicarakan masalah tersebut.

Mulanya, Dewa Kipas berhasil mengalahkan GothamChess dalam pertandingan catur online di Chess.com. Namun setelahnya, akun Dewa Kipas di-banned oleh Chess.com karena dianggap telah melakukan kecurangan.

Menyusul kehadiran Dewa Kipas di podcast Deddy Corbuzier, Grandmaster Catur wanita Indonesia Irene Kharisma, mengirimkan surat terbuka untuk Deddy Corbuzier.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Surat Terbuka

"Saya tidak menyangka bahwa pemberitaan tentang GothamChess dan Dewa_Kipas akan sebesar ini," tulis Irene dalam surat terbuka untuk Deddy yang diunggah di media sosial miliknya, Minggu (14/3/2021).

3 dari 4 halaman

Dirugikan

Irene merasa dunia catur Indonesia dirugikan dengan apa yang dilakukan Dewa Kipas di Chess.com. Irene kemudian meminta Deddy Corbuzier untuk bisa meluruskan apa yang sebenarnya terjadi.

"Kegiatan ini sudah merugikan banyak pihak dan kepopuleran yang didapat tidak sebanding dengan rasa malu saya dan teman-teman pecatur profesional lainnya di mata dunia percaturan internasional. Seakan-akan citra positif dan prestasi yang kami bangun susah payah untuk Tanah Air, Indonesia yang sangat saya cintai ini sirna karena dampak negatif dari pemberitaan yang berkembang," sambungnya.

"Jikalau Mas Deddy berkenan, mari kita luruskan hal ini agar tidak berimbas terlalu dalam bagi kami patriot-patriot catur Indonesia," tutup Irene.

4 dari 4 halaman

Direspons

Rupanya, Deddy Corbuzier telah merespons surat terbuka tersebut. Deddy Corbuzier juga berencana untuk mengundang Irene ke podcast-nya dalam waktu dekat.

"Surat terbuka saya sudah direspon oleh pihak Deddy Corbuzier dan Rabu ini saya diundang ke podcast beliau guna membahas surat tersebut. Terima kasih atas dukungan teman-teman semua," tulis Irene dalam cuitan lain. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.