Dituding Plagiat Video Klip Lay EXO, Young Lex Menyerang Balik

Oleh Zulfa Ayu Sundari pada 09 Mar 2021, 14:00 WIB
Diperbarui 09 Mar 2021, 14:00 WIB
Young Lex
Perbesar
Ada kesamaan adegan dalam video klip Raja Terakhir dari Young Lex dengan Lit milik Lay EXO. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Baru dirilis, video klip Young Lex yang bertajuk "Raja Terakhir" sudah menuai kontroversi. Video klip yang diluncurkan pada 8 Maret 2021 itu dituding jiplakan video klip Lay EXO, "Lit" yang diunggah Juni 2020.

Penggemar menemukan ada sejumlah kesamaan secara visual dari MV "Raja Terakhir" dengan "Lit". Misalnya, siluet penari dengan latar belakang merah.

Ada pula kesamaan adegan seorang wanita yang mengenakan veil berwarna hitam dan memperlihatkan kuku panjang berwarna gelap. Hingga CGI naga berukuran besar dengan background kerajaan.

Di tengah gencarnya isu plagiarisme ini, Young Lex membuat unggahan di Instgaram-nya yang diduga merujuk pada kontroversi ini. Sang rapper seolah tak tahu apa yang terjadi.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 4 halaman

Kata Young Lex

Young lex
Perbesar
[Foto: Instagram Young Lex]

"Ada apa sih ini pagi2 rame banget," kata dia pada Selasa (9/3/2021) dengan menyertakan emotikon tertawa terbahak-bahak.

Ia lalu menyerang pihak-pihak lain. "Manusia to*ol comennt semua sampe luar negrinlagi to*ol nya," sambungnya masih dalam unggahan yang sama.

3 dari 4 halaman

Dikritik

Perbandingan video klip "Lit" milik Lay (atas) dan Raja Terakhir dari Young Lex (bawah). (YouTube/ Lay  - Young Lex)
Perbesar
Perbandingan video klip "Lit" milik Lay (atas) dan Raja Terakhir dari Young Lex (bawah). (YouTube/ Lay - Young Lex)

Dalam waktu singkat unggahan tersebut langsung jadi sorotan. Warganet kembali menghujani sang musikus dengan kalimat bernada kritikan.

"Karyamu bisa menyebabkanoe kehilangan respect banyak orang," kata salah satu warganet.

"Seengaknya minta maaf karena udah memplagiat, ini malah makin menjadi jadi," kata warganet lainnya.

4 dari 4 halaman

Trending YouTube

Sementara itu, belum genap 24 jam setelah dirilis, video klip "Raja Terakhir" sudah ditonton lebih dari 560 ribu kali. Saat artikel ini ditulis, videonya masuk dalam jajaran trending urutan kedelapan di YouTube Indonesia.

Namun, terdapat ketimpangan dari segi like dan dislike-nya. Video klip "Raja Terakhir" mendapat 16 ribu like, sementara dislike berada di angka yang jauh lebih besar, yaitu 22 ribu.

Lanjutkan Membaca ↓