Perbanyak Istighfar Sebagai Pembuka Rezeki

Oleh Sapto Purnomo pada 04 Mar 2021, 21:15 WIB
Diperbarui 04 Mar 2021, 21:15 WIB
Ilustrasi Doa
Perbesar
Ilustrasi Doa (Liputan6.com/Trie yas)

Liputan6.com, Jakarta Berzikir dengan membaca kalimat Istigfar untuk selalu mengingat Allah Subhanahu Wataalla sangat dianjurkan dilakukan setiap hari. Apalagi bacaan itu bermakna untuk memohon ampun kepada Allah atas dosa-dosa yang diperbuat selama ini.

Tak hanya meminta ampun, Istigfar ternyata juga bisa membukakan pintu rezeki bagi si pembacanya. Hal itu dijelaskan Allah dalam firmannya di Surat Nuh ayat 10-12.

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا .يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا .وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا

"Maka Aku katakan kepada mereka: Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha-Pengampun. Niscaya Dia akan menurunkan kepadamu hujan lebat, dan membanyakkan harta, anak-anak, dan mengadakan untukmu kebun-kebun, serta mengadakan untukmu sungai-sungai.'' (QS Nuh : 10-12).

 

Hadis Rasulullah

Rasul shallallahu’alaihiwasallam juga menjelaskan bahwa manfaat dari memperbanyak Istigfar. Tak hanya mampu memberikan jalan keluar dari setiap kesedihan, istighfar merupakan salah satu kunci rezeki. 

“مَنْ أَكْثَرَ مِنْ الِاسْتِغْفَارِ؛ جَعَلَ اللَّهُ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجًا، وَمِنْ كُلِّ ضِيقٍ مَخْرَجًا، وَرَزَقَهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ”

“Barang siapa memperbanyak istighfar; niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya dan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka” (HR. Ahmad dari Ibnu Abbas dan sanadnya dinilai sahih oleh al-Hakim serta Ahmad Syakir).

 

Lanjutkan Membaca ↓