Kronologi Skandal yang Membelit Naeun April, Tuduhan Bullying hingga Isu Komentar Tak Pantas

Oleh Ratnaning Asih pada 04 Mar 2021, 18:20 WIB
Diperbarui 04 Mar 2021, 18:20 WIB
Naeun April. (DSP Entertainment via Soompi)
Perbesar
Naeun April, salah satu personel yang paling sibuk dengan kegiatan di luar grup, langsung terkena dampak skandal ini. (DSP Entertainment via Soompi)

Liputan6.com, Seoul - Naeun April kini tengah terbelit dalam skandal bullying yang melibatkan grupnya. Ia dan kawan-kawannya dituduh melakukan perundungan terhadap Hyunjoo, personel April yang keluar pada 2016 silam.

Seperti diberitakan sebelumnya, tuduhan perundungan ini pertama kali diungkap pada 28 Februari 2021 lalu oleh seseorang yang mengaku sebagai saudara lelaki Hyunjoo.

Dilansir dari Soompi, sang penulis mengklaim banyak hal yang selama ini ditutupi oleh publik. Salah satunya Hyunjoo disebut dipaksa menyatakan alasannya keluar dari April karena ingin fokus kepada akting. Bintang Love Distance 2 ini juga diklaim dirundung hingga mengalami depresi dan berniat mengakhiri hidupnya sendiri.

Dari sini, isu terus menggelinding bagaikan bola salju. Dibanding rekan grupnya, nama Naeun April yang paling banyak disebut. Apa saja yang dituduhkan kepada bintang Extraordinary You ini?

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini

2 dari 7 halaman

1. Disebut dalam Tuduhan Awal

Naeun April. (DSP Entertainment via Soompi)
Perbesar
Naeun April. (DSP Entertainment via Soompi)

Setelah sosok yang mengaku adik Hyunjoo melempar tuduhan, muncul warganet lain yang memberi kesaksian pada 1 Maret lalu. Seseorang yang mengaku teman SMA Hyunjoo menyebut semua anggota April merundung sahabatnya ini. Terkecuali, Chaekyung and Rachel yang baru bergabung setelah Hyunjoo hengkang.

Khusus Naeun, sang penuduh menulis, "Naeun mencuri sepatu Hyunjoo dan berkeras bahwa ia membelinya."

3 dari 7 halaman

2. Penjelasan Agensi soal Sepatu

Naeun April. (DSP Entertainment via Soompi)
Perbesar
Naeun April. (DSP Entertainment via Soompi)

Pada hari yang sama, agensi April yakni DSP Entertainment, mengeluarkan dua pernyataan membantah tuduhan ini. Mereka mengatakan bahwa memang ada ketegangan dalam tim.

"Sejak debutnya dikonfirmasi, Hyunjoo tidak secara penuh berpartisipasi dengan aktivitas tim karena dia bergulat dengan permasalahan fisik dan mental," kata perwakilan agensi.

Terkait masalah sepatu, agensi mengatakan bahwa pihaknya sebenarnya menghadiahkan dua pasang sepatu kepada masing-masing anggota April.

"Empat anggota memiliki ukuran sepatu yang sama, jadi [insiden tersebut] hanya masalah yang timbul karena ini," kata juru bicara DSP.

4 dari 7 halaman

3. Komentar Yunyoung dan Isu Pacaran

Yunyoung eks Ajax dan Naeun April. (Instagram/ 2yoooung)
Perbesar
Yunyoung eks Ajax dan Naeun April. (Instagram/ 2yoooung)

Yunyoung eks Ajax yang juga sempat dinaungi DSP, rupanya ikut mendengar isu ini dan tak tahan untuk berkomentar. Ia membela personel April dan menyerang Hyunjoo.

Dilansir dari Soompi, Yunyoung mengaku menyaksikan kegiatan April sering terganggu karena Hyunjoong absen. "Kamu ingin bersinar sendirian, tapi untuk para member, grup dan penggemarnya adalah yang utama," tutur Yunyoung lewat unggahan Instagram Story.

Hanya saja, gara-gara unggahan ini pada 1 Maret warganet justru malah berspekulasi bahwa ada hubungan asmara antara Yunyoung dan Naeun. Pasalnya ditemukan foto kebersamaan keduanya, dan sejumlah foto dengan pose sendiri-sendiri, tapi diduga berada di tempat yang sama.

DSP Entertainment membantah keras isu ini.

"Tak ada gunanya menyatakan apa pun. [Rumor pacaran] itu hanya isu di internet yang tak berdasar dan benar-benar bohong," tutur perwakilan agensi.

5 dari 7 halaman

4. Isu Bullying dan Komentar di Internet

Gaya fashion  Naeun APRIL/dok. Instagram @ betterlee_0824
Perbesar
Naeun APRIL/dok. Instagram @ betterlee_0824

Masih pada 1 Maret lalu, muncul sejumlah tudingan perundungan yang kini mengarah langsung kepada Naeun April. Seseorang membuat pengakuan di internet, bahwa ia dirisak Naeun selama SD.

"Dalam tahun keenamku di SD, Naeun mencaciku tanpa alasan, dan 'geng anak bandel' termasuk Naeun di dalamnya selalu mengasingkanku," tutur sang panulis.

Dalam unggahan berbeda, tersebar pula sebuah tangkapan layar dari tahun 2013 yang menampilkan komentar seseorang bernama Lee Na Eun untuk orang lain di internet. "Kamu mau (maaf) diperkosa Go Young Wook?" tulis sosok yang diklaim sebagai Naeun ini. Sekadar informasi, Go Young Wook adalah penyanyi yang melakukan kekerasan seksual atas anak di bawah umur.

Agensi membantah tuduhan ini, dan mengatakan tangkapan layar tersebut adalah hasil editan lama yang kini disebar ulang.

6 dari 7 halaman

5. Agensi Menuntut Hyunjoong

April. (DSP Entertainment via Soompi)
Perbesar
April. (DSP Entertainment via Soompi)

Pada 3 Maret, sengketa antara pihak Hyunjoong dan agensi April meruncing. Sosok yang menyebut dirinya sebagai adik Hyunjoo, membantah pernyataan DSP soal sepatu dengan mengatakan benda tersebut telah ditandai dengan nama sang kakak. Ia juga menyertakan dokumen rumah sakit sebagai bukti memperkuat tuduhannya.

DSP melawan balik. Pihak agensi mengaku sudah bertemu dengan Hyunjoo dan keluarganya. Namun setelah unggahan tanggal 3 Maret ini beredar, mereka memilih untuk melayangkan tuntutan pidana dan perdata.

7 dari 7 halaman

6. Ditarik

Naeun APRIL/dok. Instagram @ betterlee_0824
Perbesar
Naeun APRIL/dok. Instagram @ betterlee_0824

Naeun, salah satu anggota April yang paling sibuk dengan kegiatan di luar grup, langsung terkena dampak skandal ini. Penampilannya di variety show SBS Delicious Rendezvous langsung dihapus.

Sejumlah perusahaan yang bekerja sama dengan Naeun seperti J Estina dan Samjin Pharm juga diberitakan menghapus materi promosi yang menampilkan Naeun.

Lanjutkan Membaca ↓