Sukses

Banyak Lagu K-Pop dan Soundtrack Drakor dari Kakao M Hilang di Spotify, Ini Penyebabnya

Liputan6.com, Seoul - Para penggemar K-Pop sejak Minggu (28/2/2021) malam kemarin dibuat terhenyak saat membuka Spotify. Pasalnya lagu dari sejumlah musikus Korea, termasuk soundtrack drama dari Negeri Ginseng, hilang dari platform streaming musik ini.

Dilansir dari Koreaboo, hal ini terjadi kepada para musikus yang karyanya didistribusikan oleh Kakao M. Lagu-lagu yang dirilis setelah 2019 lewat distributor ini, tak lagi ditemukan di Spotify. Beberapa artis yang sejumlah lagunya terkena imbas antara lain Mamamoo, Seventeen, IU, Monsta X, The Boyz, dan masih banyak lagi.

Tablo dari Epik High juga telah mengungkapkan kekecewaannya secara langsung di akun Twitter-nya.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Artis dan Fans Jadi Korban

"Tampaknya sebuah ketidaksepakatan antara distributor kami Kakao M dan Spotify membuat album baru kami Epik High Is Here tidak bisa tersedia secara global, berlawanan dengan kehendak kami. Di luar siapa yang bersalah, mengapa artis dan fans yang menderita saat bisnis mengutamakan ketamakan di atas seni?" cuitnya.

3 dari 5 halaman

Lisensi Berakhir

Spotify sendiri telah angkat suara atas isu ini kepada media NME. Rupanya hal ini terjadi atas berakhirnya kontrak antara kedua perusahaan.

"Katalog Kakao M tak akan tersedia untuk pengguna global mulai 1 Maret 2021 karena berakhirnya lisensi kami," tutur perwakilan Spotify.

4 dari 5 halaman

Gagal Capai Kesepakatan Baru

Pihak Spotify mengatakan selama 1,5 tahun mereka mencoba memperbarui kesepakatan lisensi global dengan Kakao M.

"Meski kami berusaha dengan keras, kesepakatan yang ada saat ini dengan Kakao M (yang meliputi semua negara selain Korea Selatan) telah berakhir," tutur perwakilan platform berlogo hijau ini menambahkan.

Terakhir, mereka mengungkap harapan bahwa kondisi ini hanya berlangsung sementara.

5 dari 5 halaman

Rivalitas dengan Melon

Hal ini terjadi setelah Spotify masuk ke pasar Korea Selatan pada awal Februari. Sebelumnya, layanan streaming di negara ini sudah sejak lama dikuasai oleh Melon dan Genie.

Kakao M sendiri adalah perusahaan di balik Melon. Saat Spotify masuk ke pasar Korsel, tak ada satu pun musik yang didistribusikan oleh Kakao M muncul di layanan musik rivalnya ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.