Banyak Lagu K-Pop dan Soundtrack Drakor dari Kakao M Hilang di Spotify, Ini Penyebabnya

Oleh Ratnaning Asih pada 01 Mar 2021, 12:20 WIB
Diperbarui 01 Mar 2021, 12:20 WIB
Ilustrasi Spotify
Perbesar
Spotify buka suara soal nasib kesepakatan dengan Kakao M, yang berujung menghilangnya sejumlah lagu K-Pop di platform streaming ini. (Kredit: StockSnap via Pixabay)

Liputan6.com, Seoul - Para penggemar K-Pop sejak Minggu (28/2/2021) malam kemarin dibuat terhenyak saat membuka Spotify. Pasalnya lagu dari sejumlah musikus Korea, termasuk soundtrack drama dari Negeri Ginseng, hilang dari platform streaming musik ini.

Dilansir dari Koreaboo, hal ini terjadi kepada para musikus yang karyanya didistribusikan oleh Kakao M. Lagu-lagu yang dirilis setelah 2019 lewat distributor ini, tak lagi ditemukan di Spotify. Beberapa artis yang sejumlah lagunya terkena imbas antara lain Mamamoo, Seventeen, IU, Monsta X, The Boyz, dan masih banyak lagi.

Tablo dari Epik High juga telah mengungkapkan kekecewaannya secara langsung di akun Twitter-nya.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 5 halaman

Artis dan Fans Jadi Korban

Unggahan Tablo. (tangkapan layar Twitter/ blobyblo)
Perbesar
Unggahan Tablo. (tangkapan layar Twitter/ blobyblo)

"Tampaknya sebuah ketidaksepakatan antara distributor kami Kakao M dan Spotify membuat album baru kami Epik High Is Here tidak bisa tersedia secara global, berlawanan dengan kehendak kami. Di luar siapa yang bersalah, mengapa artis dan fans yang menderita saat bisnis mengutamakan ketamakan di atas seni?" cuitnya.

3 dari 5 halaman

Lisensi Berakhir

[Bintang] Egotistic, Lagu Baru Mamamoo yang Bernuansa Latin
Perbesar
Mamamoo. (Foto:RBW Entertainment via soompi.com)

Spotify sendiri telah angkat suara atas isu ini kepada media NME. Rupanya hal ini terjadi atas berakhirnya kontrak antara kedua perusahaan.

"Katalog Kakao M tak akan tersedia untuk pengguna global mulai 1 Maret 2021 karena berakhirnya lisensi kami," tutur perwakilan Spotify.

4 dari 5 halaman

Gagal Capai Kesepakatan Baru

IU. (EDAM Entertainment via Soompi)
Perbesar
IU. (EDAM Entertainment via Soompi)

Pihak Spotify mengatakan selama 1,5 tahun mereka mencoba memperbarui kesepakatan lisensi global dengan Kakao M.

"Meski kami berusaha dengan keras, kesepakatan yang ada saat ini dengan Kakao M (yang meliputi semua negara selain Korea Selatan) telah berakhir," tutur perwakilan platform berlogo hijau ini menambahkan.

Terakhir, mereka mengungkap harapan bahwa kondisi ini hanya berlangsung sementara.

5 dari 5 halaman

Rivalitas dengan Melon

Hal ini terjadi setelah Spotify masuk ke pasar Korea Selatan pada awal Februari. Sebelumnya, layanan streaming di negara ini sudah sejak lama dikuasai oleh Melon dan Genie.

Kakao M sendiri adalah perusahaan di balik Melon. Saat Spotify masuk ke pasar Korsel, tak ada satu pun musik yang didistribusikan oleh Kakao M muncul di layanan musik rivalnya ini.

Lanjutkan Membaca ↓