Trie Utami dan Tompi Kolaborasi di Genre Jazz, Hasilnya Single Kamu

Oleh Sapto Purnomo pada 26 Feb 2021, 08:40 WIB
Diperbarui 26 Feb 2021, 14:14 WIB
Trie Utami dan Tompi
Perbesar
Trie Utami dan Tompi. (Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Pada Jumat (26/2/2021), label @legendamusikindo merilis single terbaru yang diberi judul "Kamu". Duet penyanyinya adalah Trie Utami dan Tompi.

Selain Trie Utami dan Tompi di bagian menyanyi, Indra Lesmana juga terlibat dalam proses produksi lagu bergenre jazz yang diciptakan oleh Glenn Rotty ini.

"Mulanya kita (Glenn Rotty dan Trie Utami) mencari penyanyi yang sama-sama 'nakal', karena berangkat dari lagunya yang menurut kami cukup spesifik dan enggak banyak yang bisa bawain. Lalu saya berpikir siapa yang bisa cocok dengan style lagu ini? Cuma satu nama yang muncul, pak dokter (Tompi) ini," jelas Trie Utami kepada wartawan, di Jakarta pada pekan ini.

 

Penyanyi yang Cepat Beradaptasi

Trie Utami dan Tompi
Perbesar
Trie Utami dan Tompi. (Ist)

Lebih lanjut, biduanita yang juga dikenal sebagai vokalis band Krakatau ini, menjelaskan bahwa "nakal" artinya punya kemampuan untuk cepat beradaptasi dengan lagu yang tingkat kesulitannya cukup tinggi.

"Selain 'nakal', juga free dalam arti bahwa si penyanyi mampu menerjemahkan lagu-lagu seperti ini," jelas Trie Utami.

"Kita semua terlibat dari awal (pengerjaan lagu). Dan mungkin juga kita berdua bukan jenis penyanyi yang terima 'barang' (lagu) jadi terus tinggal nyanyi. Dalam hal pengerjaan lagu ini, keterlibatan kita berdua mulai dari lagu masih mentah," Trie Utami menambahkan.

Impian Sejak Lama

Trie Utami dan Tompi
Perbesar
Trie Utami dan Tompi. (Ist)

Sementara, Tompi yang juga dikenal sebagai dokter spesialis bedah plastik, menyatakan bahwa berduet dengan Trie Utami merupakan salah satu impiannya.

"Yang hubungi Trie Utami, ya gue enggak mikir dua kali dan memang sudah masuk dalam list hidup gue, duet dengan Trie Utami," ungkap penyanyi bernama asli Teuku Adifitrian ini.

"Sialnya, lagunya enak!" tambah Tompi.

 

Saling Mengisi dan Memperkuat

Bisa satu pemikiran sejak awal mula penggarapan "Kamu" hingga masuk dapur rekaman, Tompi menyebut bahwa hal itulah yang memuluskan langkah kolaborasi lagu jazz ini.

"Satu hal yang penting dalam kolaborasi itu adalah tahu diri. Lalu kemudian tujuan kolaborasi adalah saling mengisi dan saling memperkuat," kata Tompi.

"Kita berdua sangat memikirkan detail lagu ini, seperti dari sisi keyboard, bas, dan sebagainya. Sangat mendetail sehingga ada energi yang muncul di lagu tersebut, di mana kita terlibat dari awal," ujar Trie Utami, menimpali pernyataan tandem duetnya.

 

Apresiasi Pencipta Lagu

Selaku pencipta lagu, Glenn Rotty mengapresiasi profesionalisme yang ditunjukkan oleh dua talenta musik Indonesia itu. Baginya, ada kenikmatan tersendiri bisa bekerjasama dengan Trie Utami dan Tompi dalam pengerjaan lagu, sebelum dilempar ke pasar musik Tanah Air.

"Saya menikmati semua proses ini dari awal sampai ke tahap pembuatan klip video. Ada semangat besar dari kami semua untuk memberikan yang terbaik bagi single ini," jelasnya.

"Kamu" merupakan tembang yang dikerjakan para musisi jazz kawakan milik Indonesia. Trie Utami dan Tompi mengisi duo vokal, Indra Lesmana memperkuat keyboard/electric piano, Echa Soemantri pada drum, Bass. G mengisi brass section dan flute, serta Stefanus di guitar/arranger.

 

Melibatkan Pemenang Grammy

Sementara, mastering lagu ini dikerjakan di Amerika Serikat oleh Ted Jensen yang sukses mengantarkan lagu "Come Away with Me" oleh Norah Jones meraih penghargaan Grammy untuk kategori "Album of the Year" dan "Best Pop Vocal Album".

"Inilah lagu jazz Indonesia yang ditunggu-tunggu pada tahun ini, yang tentunya kami harapkan dapat memanjakan para penikmat musik jazz di Indonesia," pesan Presiden Direktur @legendamusikindo Faisal Nurdin.

Selain lagu "Kamu", dua single lainnya yang telah dirilis @legendamusikindo pada tahun ini adalah "Kau dan Aku" dari Dudy Oris dan Lala Karmela serta "Sudah Waktunya" oleh The Gentlemen.

"Kamu" hadir di berbagai digital store pada 26 Februari 2021, yang dibarengi peluncuran video klip yang disutradarai oleh Anton Ismael, dari lagu tunggal ini, melalui kanal Legenda Musikindo di YouTube.

Lanjutkan Membaca ↓