Sukses

Beredar Kabar Uya Kuya Meninggal Dunia, Ini yang Sebenarnya Terjadi

Kabar hoaks Uya Kuya meninggal dunia ini datangnya pertama kali dari sebuah aplikasi video singkat.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar kabar di dunia maya yang menyebutkan bahwa Uya Kuya meninggal dunia setelah belum lama ini sempat dinyatakan Covid-19. Hal ini membuat warganet heboh.

Pasalnya, kabar Uya Kuya ini berlangsung tak lama setelah beredarnya hoaks yang menyebut Ashanty meninggal dunia. Alhasil, banyak yang mencari tahu kebenaran dengan langsung menyapa Uya Kuya di Instagram.

Dari situlah diketahui bahwa kabar Uya Kuya meninggal ini datangnya pertama kali dari aplikasi TikTok. Banyak yang memastikan bahwa isu seputar Uya Kuya ini hanyalah sekadar hoaks.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Banyak yang Terkecoh

Mengintip unggahan potret terbaru Uya Kuya, belum lama ini, terlihat bahwa sejumlah warganet mengaku terkecoh dari unggahan hoaks di TikTok.

"Tiktok bilang uya meninggal," ujar @viinaprlnty_.

"Anjir tiktok emng bener2 yha fitnah aja," kata @ayu_saharani03.

"Kesini gara2 tiktok ada yg beritain uya meninggal," tulis @sriarta98.

3 dari 5 halaman

Ujaran Hoaks

Dalam tangkapan layar yang diterima Showbiz Liputan6.com, terdapat unggahan dari TikTok yang bertuliskan, "RIP Uya Kuya, smoga di terima disisinya masih gk percaya."

Bersama tulisan tersebut, digunakan foto Uya Kuya yang berasal dari unggahan sang artis belum lama ini saat berada di rumah sakit. Di Facebook, kabar ini disiarkan hari ini (21/2/2021) sekitar pukul 6 pagi.

4 dari 5 halaman

Istri Masih Beraktivitas

Namun bila kita melihat Instagram istri Uya Kuya, Astrid, sekitar empat jam setelah unggahan di Facebook tersebut, ia terlihat masih memamerkan aktivitasnya berolahraga di area Sudirman Thamrin, Jakarta.

"This is My City...Jakarta , hate and love with this city. jakarta ku yg macet, jakarta ku yg sibuk, jakartaku yg penuh harapan manusia2 yg ingin sukses, terkenal dgn Monas nya, walaupun sbg warga JKT terakhir kesana kelas 4 SD welcome toJakarta , Indonesia 🇮🇩🇮🇩," tulis Astrid.

Di Instagram, anak sulung Uya, Cinta Kuya juga menyinggung soal hoaks. Unggahan ini seolah menyanggah isu yang tengah beredar. "Arti hoax adalah kabar, informasi, berita palsu atau bohong," tulisnya di Instagram Stories, Minggu (21/2/2021). 

5 dari 5 halaman

Terserang Covid-19

Di sebuah acara televisi yang dipandu Raffi Ahmad, Uya Kuya menceritakan awal mula dirinya dinyatakan positif Covid-19. Uya mengaku tiba-tiba mengalami rasa sakit di badannya.

Sampai akhirnya Uya memutuskan untuk tes swab dan hasilnya positif. Artis kelahiran 1975 ini memilih untuk dirawat di rumah sakit.

“Enggak kepikiran buat ngapa-ngapain parah banget sih itu. Pas di swab gue udah gak enak badan pas saat itu gue feeling positif. Pas parah sakit gak kepikiran mau ngasih tahu orang mikirin kerjaan," terang Uya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.