Sukses

Adab Tutup Mulut Saat Menguap, Agar Terhindar dari Hal Ini

Tutp Mulutmu saat menguap bagian dari adab Islam yang bermanfaat untu kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Menguap kerap dirasakan setiap manusia, bila merasakan kantuk atau kekurangan oksigen. Namun tak sedikit yang ketika menguap membiarkan mulutnya terbuka lebar bahkan sampai mengeluarkan suara "hah"

Dalam ajaran Islam, Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam telah mengajarkan bagaimana adab kita saat menguap. Sebab menguap itu datangnya dari setan, oleh karenanya dianjurkan untuk menutup mulut saat itu terjadi.

التَّثَاؤُبُ فَإِنَّمَا هُوَ مِنَ الشَّيْطَانِ فَإِذَا تَثَاءَبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَرُدَّهُ مَا اسْتَطَاعَ.

"Kuapan (menguap) itu datangnya dari syaitan. Jika salah seorang di antara kalian ada yang menguap, maka hendaklah ia menahan semampunya” [HR. Al-Bukhari no. 6226 dan Muslim no. 2944. Lafazh ini berdasarkan riwayat al-Bukhari]

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Bersuara

Jika menguat jangan sampai mengeluarkan suara. Sebab suara yang keluar dari mulut kita saat menguap, membuat kita menjadi bahan tertawaan setan.

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْعُطَاسَ ، وَيَكْرَهُ التَّثَاؤُبَ ، فَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اللَّهَ فَحَقٌّ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ سَمِعَهُ أَنْ يُشَمِّتَهُ ، وَأَمَّا التَّثَاؤُبُ فَإِنَّمَا هُوَ مِنْ الشَّيْطَانِ فَلْيَرُدَّهُ مَا اسْتَطَاعَ فَإِذَا قَالَ : هَا ضَحِكَ مِنْهُ الشَّيْطَانُ

“sesungguhnya Allah menyukai bersin, dan tidak menyukai tasa’ub (menguap). Jika seseorang bersin maka ucapkanlah hamdalah, dan merupakan hak baginya terhadap setiap muslim yang mendengarnya untuk ber-tasymit. Adapun menguap, itu dari setan. Maka hendaknya ia menahannya sebisa mungkin. Jika ia menguap sampai mengeluarkan suara “hah” maka setan pun tertawa” (HR. Bukhari no. 6223, Muslim no. 2994)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.