Sukses

Amalan Jumat yang Mendatangkan Banyak Pahala

Ada banyak amalan yang dianjurkan saat hari Jumat. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Hari Jumat adalah hari spesialnya bagi umat Islam. Sebab hari Jumat disebut sebagai sayyidul ayyam, pemimpin atau rajanya hari. Apalagi hari Jumat banyak menyimpan keberkahan dan juga dibukanya pintu ampunan dosa seperti yang diterangkan dalam hadis.

Salamah dari Abu Hurairah RA, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Hari terbaik yang terbit padanya matahari adalah hari Jumat. Sebab pada hari itu Allah Azza wa Jalla menciptakan Adam AS. Dia memasukkan Adam ke surga, pada hari itu ia diturunkan ke bumi dan pada hari itu terjadi kiamat serta pada hari itu terdapat satu masa di mana tidak seorang pun berdoa kecuali Dia akan mengabulkan doa itu.” [HR.Muslim].

Oleh karena itu, mendiang Syekh Ali Jaber melalui akun YouTube-nya sempat memberi nasihat tentang beberapa amalan yang dianjurkan untuk dilakukan pada hari Jumat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Perbanyak Selawat

Syekh Ali Jaber menganjurkan untuk memperbanyak selawat. Sebab Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam dalam hadisnya menganjurkan umatnya untuk memperbanyak selawat pada hari Jumat.

"Perbanyak aktsiruu alayya minash sholaati yaumal jumu'ah. Perbanyaklah bersholawat kepadaku (Nabi Muhammad SAW). Jadi saya mohon, sepanjang hari di dalam perjalanan, di mana pun kita berada, bersholawatlah kepada Nabi Muhammad SAW," kata Syekh Ali Jaber.

3 dari 5 halaman

2. Membaca Surat Al Kahf

Membaca surat Al-Kahf di hari Jumat menjadi anjuran Syekh Ali Jaber. Sebab beberapa hadis menyarankan umat muslim untuk membaca surat ke-18 dalam Al Quran yang terdiri dari 110 ayat.

Jika kita merasa kesulitan membacanya sekaligus kata Syekh Ali Jaber, maka boleh dibagi-bagi. Atau yang belum bisa membaca Al-Qur'an bisa mendengarkan murotalnya.

"Misalnya setelah Subuh baca satu halaman, sebelum Zuhur baca lagi dua halaman, sisanya dibaca ketika selesai salat Asar. Kalau belum bisa membaca (Al-Qur'an), boleh menyimak atau lewat HP murottal surat Al-Kahf. Orang yang menyimak Al Qur'an sama pahalanya dengan yang membaca Al-Qur'an." tutur Syekh Ali Jaber.

4 dari 5 halaman

3. Perbanyak Doa Setelah Salat Ashar

Hari Jumat adalah hari yang mustajab untuk berdoa. Waktu tersebut telah ditentukan yaitu setelah salat Ashar.

يَوْمُ الْجُمُعَةِ اثْنَتَا عَشْرَةَ سَاعَةً لاَ يُوجَدُ فِيهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللهَ شَيْئًا إِلاَّ آتَاهُ إِيَّاهُ فَالْتَمِسُوهَا آخِرَ سَاعَةٍ بَعْدَ الْعَصْرِ

"Pada hari Jumat terdapat dua belas jam (pada siang hari), di antara waktu itu ada waktu yang tidak ada seorang hamba muslim pun memohon sesuatu kepada Allah melainkan Dia akan mengabulkan permintaannya. Oleh karena itu, carilah ia di akhir waktu setelah ‘Ashar.’[HR. Abu Dawud].

5 dari 5 halaman

Sedekah

Sedekah sangat dianjurkan dalam islam terutama pada hari Jumat. Sebab hari Jumat adalah hari yang spesial untuk berbuat kebaikan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.